Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim - Sumeks

  

Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

Menurut Buya Yahya, surat Al-Fatihah sebagai Ummul Kitab memiliki berbagai keutamaan ketika membacanya.-- --
Menurut Buya Yahya, surat Al-Fatihah sebagai Ummul Kitab memiliki berbagai keutamaan ketika membacanya.-- --

SUMEKS.CO - Jagat dunia maya dihebohkan dengan pernyataan Syeikh Assim Al-Hakeem, yang menyatakan bahwa membaca Al-Fatihah di dalam majelis adalah bid'ah.

Namun, pernyataan itu tidak disepakati oleh Buya Yahya. Karena menurut Buya Yahya, surat Al-Fatihah sebagai Ummul Kitab memiliki berbagai keutamaan ketika membacanya.

Melalui unggahan channel Youtube Al-Bahjah TV, pada dua hari yang lalu, Buya Yahya menanggapi, bahwa para ulama tidak ada yang berbeda pendapat terhadap Al-Fatihah.

"Kecuali bagi yang tidak paham. Ada hadits Muslim yang meriwayatkannya. Ini ada ustadz yang bilang, dikit-dikit Al-Fatihah kenapa tidak Al-Baqarah, Ali Imran, dan lain-lain," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Buya Yahya mengimbau, sebenarnya orang tersebut tidak semestinya berkata seperti itu. Karena, secara tidak langsung orang tersebut menunjukkan bahwa dirinya bukan orang alim.


Sheikh Assim Al-Hakeem membuat pernyataan kontroversial bahwa membaca surat Al-Fatihah pada saat pelaksanaan salat itu merupakan bid'ah. --

"Orang alim tidak akan merendahkan orang lain seperti itu. Siapa pun dia, bertanya dulu kenapa orang itu melakukannya," lanjutnya.

Buya Yahya lalu menjelaskan tentang sejarah pembacaan surat Al-Fatihah yang diriwayatkan oleh Muslim. Diceritakan bahwa ada malaikat yang dibukakan Allah langit, sehingga malaikat itu turun ke bumi.

Ketika di bumi, malaikat bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dan langsung mengatakan "Hai Muhammad, bergembiralah dengan dua cahaya yang tidak diberikan, kecuali kepadamu.

"Yaitu surat Al-Baqarah dan surat Al-Fatihah. Kamu akan dikabulkan meskipun hanya membaca satu huruf saja. Ini menunjukkan keutamaan surat Al-Fatihah," jelasnya.

Makanya, ketika berdoa sertakan membaca surat Al-Fatihah supaya doanya dikabulkan. Karena itulah, setelah berdoa disarankan untuk membaca Al-Fatihah.


Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

BACA JUGA:MASYAALLAH! 3 Tanda Allah Sedang Menaikkan Derajat Hambanya, dari Banyaknya Masalah Hingga Kesedihan 

"Jangan dipercaya orang-orang seperti itu. Saya tidak tahu orangnya siapa, itu namanya sudah membuat kegaduhan di dalam negeri ini," tegasnya. 

Buya Yahya juga berharap, hendaknya seorang ulama memiliki wawasan yang lebih luas, dan jangan membuat kegaduhan di dalam masyarakat Indonesia.

"Mungkin belajarnya masih kurang, ilmu itu gampang. Pendidikannya dimana, kalau orang pandai ngomong tidak ada jaminan. Dan orang-orang seperti itu aneh," tegasnya. 

Buya Yahya juga mengimbau kepada para Asatidz supaya bisa memahami perbedaan para ulama. Kalau tidak suka, hendaknya jangan membuat orang lain gelisah.

BACA JUGA:Dibalik Rahasia 1 Syuro Al-Zaytun, Ternyata Hanya Akal-Akalan Panji Gumilang untuk Cari Simpati Semua Kalangan 

"Al-Fatihah ini bukan hanya untuk salat dan ruqyah saja. Siapa orang itu, mau membodohkan orang Indonesia. Jangan didengar orang seperti itu, bahaya orang semacam itu bisa meracuni anda nanti," katanya lagi. 

Sebelumnya diberitakan, Syeikh Assim Al-Hakeem yang merupakan seorang cendekiawan Islam terkemuka internasional, sedang melakukan safari dakwahnya ke Indonesia. 

Pria yang lahir di Arab Saudi pada tahun 1962 ini, sempat membuat heboh publik Indonesia. Betapa tidak, Syeikh Assim Al-Hakeem membuat pernyataan kontroversial bahwa membaca surat Al-Fatihah pada saat pelaksanaan salat itu merupakan bid'ah. 

Hal itu dikutip SUMEKS.CO dari unggahan akun Snack Video ID : budisetiyawan739, 25 Juli 2023. Video tersebut berdurasi 2 menit 27 detik. 

BACA JUGA:MASYAALLAH! Syekh Imran Hosein Sebut Indonesia Tempat Paling Tepat Disinggahi Jelang Kiamat

"Setelah membaca Al-Fatihah, kalian membaca surat lainnya. Kemudian, takbir lalu ruku'? Saya tidak ingin kelak di hari kiamat, Allah bertanya kepadaku kenapa mereka berbuat bid'ah," tegasnya.

Syeikh Assim Al-Hakeem yang tumbuh dalam keluarga yang religius, sejak muda Syeikh Assim Al-Hakeem sudah tertarik dengan studi Islam. Syeikh Assim Al-Hakeem, tidak ingin dirinya jadi orang yang bersalah dihadapan Allah SWT.

"Pernahkah disebutkan pada kitab hadis bahwa Nabi Muhammad membaca Al-Fatihah dalam keadaan seperti ini. Iya apa tidak? Tidak pernah," ungkapnya. 

Lalu, Syeikh Assim Al-Hakeem kembali bertanya kepada jemaah pengajian di Indonesia, apakah manusia sekarang lebih pandai daripada Nabi Muhammad SAW, tentunya tidak. 

BACA JUGA:Allahuakbar, 4 Tahun Dikubur Jasad KH Maimun Zubair Tetap Utuh dan Wangi, Pemerintah Arab Saudi Lakukan Ini


2023-07-29T16:17:00+0700
Hetty

Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

"Tentu tidak, saya juga tidak. Saya menjelaskan ini, supaya kelak ketika saya ditanya, maka saya akan jawab sudah mengingatkan sebelumnya," katanya lagi.

Menurut Syeikh Assim Al-Hakeem, membaca Al-Fatihah bukan merupakan sunnah. Di Arab Saudi, ketika selesai akad nikah atau bertunangan, mereka baru membaca Al-Fatihah. 

"Tidak ada yang mengetahui mereka benar-benar membacanya atau tidak. Lalu, mereka mengusap wajahnya, mengusap tubuhnya, lalu mengusap punggungnya," paparnya.

Selain di acara pernikahan atau pertunangan, juga diacara kematian. Ketika seseorang meninggal dunia, Abdullah membaca Al-Fatihah, perkara ini menurut dia bukan ajaran Islam. 

BACA JUGA:Naudzubillah, 1 Hari Jelang Kiamat Manusia Akan Digiring Api dari Negeri Yaman, Tak Satupun Manusia yang Lolos

"Surat Al-Fatihah dibaca ketika melakukan ruqyah, dalam shahih bukhari hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri digunakan untuk mengobati," lanjutnya. 

Kemudian, Syeikh Assim Al-Hakeem mempunyai masalah ditenggorokan, setiap kali akan minum air dirinya baru membaca surat Al-Fatihah, lalu meminum air yang telah dibaca surat Al-Fatihah. 

"Jadi tidak dibaca pada setiap pertemuan seperti ini. Maaf saya tidak membuat kalian bahagia kali ini," tutupnya. 

Unggahan ini telah mendapatkan beragam komentar dari warganet. Sebagian besar warganet menyetujui apa yang disampaikan Syeikh Assim Al-Hakeem. 

BACA JUGA:MasyaAllah, Kalimat Ini Lebih Dahsyat dari Istighfar, Meski Zina Ratusan Kali Tapi Tetap Dijamin Masuk Surga

"Betul ,spt contoh di konten,setiap ada acara sbelum acara di mulai baca Al Fatihah,setelah doa baca Al Fatihah,sebelum berdoa baca Al Fatihah,kadang setelah salam ada yg baca Al Fatihah..ini yg dikritik g ada contohnya dari Nabi," kata netizen. 

"Pakar Wahabi, masa membaca Al-Fatihah didlm sholat bid'ah. Hadeh!!! jgn2 ini anak buah Dajjal yg akan menyesatkan umat Islam," lanjutnya. 

"Al fatihah is rukun sholat fardhu not bid'ah, you must studying again Al Fatihah itu rukun sholat bukan bid'ah, ngaco aja ni," sambung yang lainnya. 

"Lalu gimana dengan saya yg sebelum tidur baca syahadat lalu alfatihah lalu Al ikhlas, Al Falaq dan an nas, lalu ayat kursi baru do'a sebelum tidur," timpal yang lainnya. 

BACA JUGA:Ingin Dapat Kemuliaan Pada Malam 10 Muharram? Amalkan Dzikir dan Doa Ini, Terhindar Keburukan Dunia Akhirat

"Sekelas syeikh ngajinya kurang dalam, tdk qatam. bahkan menyalahkan dan membid'ahkan orang lain. seharusnya jika dia punya mental bertanya kpd ulama yg mengajarkannya dan tdk berbicaral dibelakang orang langsung menyalahkan.Wahabi merasa plg benar," papar yang lainnya. *



Baca Juga

Komentar