Drone Ukraina Hantam Pangkalan Udara Rusia Dekat Estonia! - detik

 

Drone Ukraina Hantam Pangkalan Udara Rusia Dekat Estonia!

By Novi Christiastuti
detikcom
Ilustrasi -- Aparat penegak hukum Rusia berjaga-jaga di sekitar gedung bertingkat di Moskow yang rusak akibat serangan drone Ukraina beberapa waktu lalu
Ilustrasi -- Aparat penegak hukum Rusia berjaga-jaga di sekitar gedung bertingkat di Moskow yang rusak akibat serangan drone Ukraina beberapa waktu lalu
Moskow -

Rentetan serangan drone Ukraina menghujani wilayah Rusia pada Rabu (30/8) dini hari, hingga menghancurkan pesawat militer dan mengganggu lalu lintas udara. Salah satu serangan drone Kyiv dengan dampak besar terjadi di sebuah pangkalan udara Moskow yang terletak di dekat perbatasan Estonia.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (30/8/2023), para pejabat Rusia yang enggan disebut namanya melaporkan bahwa rentetan serangan drone melanda beberapa wilayah sekaligus, seperti Pskov, Bryansk, Kaluga, Orlov dan Ryazan, juga di wilayah Semenanjung Crimea yang dicaplok Moskow dari Ukraina sejak tahun 2014 lalu.

Serangan paling signifikan, sebut para pejabat Rusia itu, terjadi di wilayah Pskov yang berjarak 660 kilometer di sebelah utara perbatasan Ukraina, namun dekat dengan wilayah Estonia dan Latvia. Pskov diketahui hanya berjarak sekitar 32 kilometer saja di sebelah timur perbatasan Estonia.

Keterangan para pejabat Rusia itu menyebut sedikitnya empat pesawat transport militer jenis Il-76 mengalami kerusakan akibat serangan drone tersebut.

Ukraina meningkatkan serangan ke wilayah Rusia dalam beberapa bulan terakhir, dengan seringkali serangan-serangan drone itu mengenai target jauh di dalam wilayah Rusia. Serangan drone semacam itu dimaksudkan untuk mendukung serangan darat yang menghadapi perlawanan keras di area selatan dan timur Ukraina.

Rekaman video yang dirilis Gubernur Pskov Mikhail Vedernikov via Telegram menunjukkan kepulan asap menjulang dari kobaran api raksasa dengan suara sirene meraung dan ledakan terdengar. Beberapa laporan lainnya via Telegram menunjukkan sistem antipesawat sedang diaktifkan di sekitar kota tersebut.

"Berdasarkan penilaian awal, tidak ada kejadian serius yang terjadi, namun sulit untuk memastikannnya pada malam hari. Jika semuanya baik-baik saja, bandara akan kembali beroperasi normal pada Kamis (31/8) besok," sebut Vedernikov, yang juga menyatakan tidak ada laporan korban luka akibat serangan itu.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Secara terpisah, laporan kantor berita TASS yang mengutip dinas urusan darurat setempat menyebut empat pesawat transport jenis Il-76, yang sejak lama digunakan militer Rusia, mengalami kerusakan di area lapangan terbang militer di wilayah tersebut. Disebutkan bahwa dua pesawat di antaranya 'terbakar'.

Sementara itu, para pejabat militer dan pertahanan Rusia, yang tidak disebut namanya, menyebut sedikitnya tiga drone Ukraina telah ditembak jatuh di wilayah Bryansk, satu drone lainnya di wilayah Orlov, dan satu drone lainnya di wilayah Ryazan yang terletak di selatan Moskow.

Wilayah udara di sekitar Bandara Vnukovo, Moskow, menurut laporan TASS, sempat ditutup sementara saat serangan drone melanda.

Militer Rusia, dalam pernyataan terpisah, menyebut sebuah pesawat militer Rusia juga telah menghancurkan empat kapal serangan cepat milik Ukraina yang membawa hingga 50 personel pasukan penerjun payung dalam operasi di perairan Laut Hitam.

Reuters tidak bisa memverifikasi laporan dan klaim Rusia tersebut. Belum ada komentar resmi dari Ukraina atas laporan tersebut.

Baca Juga

Komentar