Pilihan

Istana Ungkap Upacara HUT Ke-78 RI Juga Digelar di IKN, Dipimpin Kepala Otorita - Kompas

 

Istana Ungkap Upacara HUT Ke-78 RI Juga Digelar di IKN, Dipimpin Kepala Otorita - Kompas.com



JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengungkapkan, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) turut digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Kamis (17/8/2023).

Bey menyampaikan hal ini usai pelaksanaan gladi kotor persiapan upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

"Nanti ada semacam video conference dengan di IKN, karena di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus, diadakan juga di IKN pada hari yang sama," kata Bey di Kompleks Istana Kepresidenan, Minggu.

Bey mengatakan, nantinya juga akan ditampilkan interaksi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pelaksana upacara kemerdekaan di IKN.

Upacara peringatan kemerdekaan di IKN akan dipimpin oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono.

"Direncanakan seperti itu (ada interaksi antara Istana Kepresidenan di Jakarta dengan di IKN). Kami cek juga nanti jaringan dan sebagainya, apakah memungkinkan atau tidak," ujar Bey.

Lebih lanjut, Bey mengungkapkan bahwa beragam ornamen khas IKN sengaja ditampilkan di Istana Kepresidenan Jakarta untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

"Iya, memang temanya kan tema IKN, jadi semuanya kan bisa dilihat, dari mulai di depan nih tempat foto kan udah IKN, termasuk di sini juga," ungkap Bey.

Saat ditanya apakah upacara peringatan HUT kemerdekaan tahun depan akan dilaksanakan di IKN, Bey mengaku tak bisa memastikan.

Ia mengatakan, hal itu akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Semangat bahwa kita memiliki Ibu Kota Nusantara. Kalau kepastiannya nanti Bapak Presiden akan menyampaikan sendiri apakah tahun depan atau bagaimana, nanti Bapak Presiden akan menyampaikan langsung," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek