Pilihan

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Ditutup Imbas Kebakaran By CNN Indonesia

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Ditutup Imbas Kebakaran

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda lereng Gunung Arjuno, Jawa Timur. Jalur pendakian Arjuno-Welirang ditutup sementara. Ilustrasi (ANTARA/Vicki Febrianto)
Surabaya, CNN Indonesia --

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda lereng Gunung Arjuno, Jawa Timur. Jalur pendakian Arjuno-Welirang ditutup sementara.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono mengatakan, kebakaran sudah terjadi sejak Sabtu (26/8) dini hari.

"Terpantau tiba-tiba tiga titik api di atas Bukit Budug Asu lereng Gunung Arjuno, Singosari Malang," kata Sadono, melalui keterangannya, Senin (28/8).

Api juga meluas ke titik lain, yakni Curah Sriti dan Bukit Lincing Lereng Gunung Arjuno wilayah Malang.

Kejadian itu, kata Sadono, berlangsung sangat cepat karena faktor vegetasi yang mudah terbakar, dan medan yang sulit dijangkau untuk pemadaman.

"Lokasi yang sangat ekstrim menyulitkan tim pemadaman dan juga dikarenakan alang-alang yang mudah terbakar," ujarnya.

Belum diketahui luas lahan yang terdampak kebakaran itu. Petugas saat ini bergeser ke Lereng Arjuno wilayah Pasuruan untuk pemadaman.

"Titik api masih terpantau di beberapa titik. Untuk tim pemadaman bergeser ke arah wilayah Pasuruan," ucapnya.

Akibat kejadian itu, Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura Raden Soerjo, Ajat Sudrajat mengatakan jalur pendakian Arjuno pun ditutup sementara.

"Penutupan jalur pendakian berlangsung hingga waktu tidak ditentukan, sampai kondisi Arjuno-Welirang benar-benar pulih," kata Ajat. 

(frd/fra)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek