Jokowi Bilang Jakarta Masuk 10 Kota Termacet di Dunia, Begini Datanya - eetikoto

 

Jokowi Bilang Jakarta Masuk 10 Kota Termacet di Dunia, Begini Datanya

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 28 Agu 2023 11:09 WIB
Potret Macet Sore Ini, Biang Kerok yang Bikin Ibu Kota Bengek
Kemacetan di Jakarta. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Presiden Joko Widodo telah meresmikan LRT Jabodebek. Dalam peresmian itu Jokowi menyebut Jakarta masuk dalam 10 kota termacet di dunia.

LRT (lintas Raya Terpadu) Jabodebek diresmikan Jokowi pagi ini. Sebelum peresmian di Stasiun Cawang, Jokowi menjajal langsung naik LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti, Depok. Jokowid ditemani oleh sejumlah menteri di kabinet, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta beberapa pejabat lainnya.

Disela-sela peresmian, Jokowi menyebut LRT bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kemacetan sekaligus polusi di Ibu Kota. Bukan rahasia lagi, kemacetan di Jakarta tak bis terhindarkan terutama di jam-jam sibuk.

PARALLAX IN DETAIL
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres) Foto: (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)

"Kita tahu DKI Jakarta selalu masuk dalam 10 kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta setiap harinya, oleh sebab itu macet, polusi juga selalu ada di Jakarta," ungkap Jokowi dikutip dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Kemacetan di Jakarta memang menjadi masalah klasik yang belum bisa teratasi hingga saat ini. Ada ragam upaya dilakukan pemerintah provinsi DKI Jakarta namun belum berhasil mengurangi tingkat kemacetan di Ibu Kota.

Setidaknya dalam lima tahun terakhir, Jakarta masih masuk dalam daftar kota termacet namun peringkatnya berubah-ubah. Pada tahun 2018 misalnya data TomTom Traffic Index mencatat Jakarta sebagai kota termacet ke-10 di dunia. Tahun 2019 pun posisinya tak jauh berbeda. Jakarta masih menghuni posisi 10 kota termacet di dunia.

Tahun 2020, peringkat Jakarta sebagai kota termacet di dunia kembali turun. Pada tahun 2020 bahkan Jakarta menempati peringkat ke-31 atau turun 21 peringkat dibandingkan tahun 2019. Tingkat kemacetan juga tercatat hanya 36%. Namun pada tahun 2020 penurunan kemacetan itu disinyalir bisa terjadi lantaran adanya pembatasan kegiatan terkait dengan penyebaran virus Covid-19.

Tahun 2021, peringkat Jakarta dalam kota termacet di dunia kembali turun cukup signifikan. Pada 2021, Jakarta menghuni kota termacet nomor 46 di dunia. Masih dalam data TomTom, kemacetan di Jakarta itu turun dari 36% jadi 34%.

Namun kondisi pada tahun 2022, posisi Jakarta justru naik lagi di daftar kota termacet. Semula di posisi ke-46, pada tahun 2022 Jakarta menempati kota termacet di posisi ke-29. Di ASEAN, Jakarta menjadi kota paling macet. Di bawah Jakarta, ada Bangkok di posisi ke-57, disusul Singapura pada posisi ke-127, dan Kuala Lumpur pada tempat ke 143.

"Oleh sebab itu kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, BRT, kereta bandara agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," tambah Jokowi.





Simak Video "Kesan Jokowi Jajal LRT Jabodebek: Nyaman dan Lancar"


(dry/din)

Baca Juga

Komentar