Pilihan

Keluarga Mantan Tentara Jepang Hadiri Upacara Kemerdekaan RI di Tokyo - detik

 

Keluarga Mantan Tentara Jepang Hadiri Upacara Kemerdekaan RI di Tokyo

By Sudrajat
travel.detik.com
Tokyo -

Dua cucu mantan tentara Jepang yang turut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia ikut menghadiri upacara peringatan Proklamasi di Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Kamis (17/8/2023). Kedua cucu dimaksud adalah Gani Giro Nasuha (cucu Giro Nakama) dan Kresna Hadi (cucu Kingoro Murakami).

"Ini simbol kuat kedekatan Indonesia dan Jepang. Peringatan HUT ke-78 RI tahun ini bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang," kata Duta Besar (Dubes) Heri Akhmadi dalam siaran pers KBRI yang diterima detikcom. Turut hadir dalam acara itu Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami dan para pejabat KBRI Tokyo.

Sebagai catatan, Biro Nakama dan Kingoro Murakami tercatat bergabung dengan tentara PETA (Pembela Tanah Air). Kingoro dikenal sebagai spesialis bahan peledak dan senjata. Di PETA dia ikut memberi pelatihan bagi tentara Indonesia.

Upacara antara lain ditandai dengan pengibaran merah putih oleh Paskibra yang terdiri dari 18 pelajar Indonesia. Mereka khusus dilatih oleh Taruna Akademi TNI yang sedang melaksanakan pendidikan di National Defense Academy of Japan.

Selain memimpin upacara HUT ke-78 RI, Dubes Heri juga melakukan upacara penghormatan kepada pahlawan keturunan Jepang dan meletakkan karangan bunga di Monumen Sukarno. Monumen yang berada persis di samping Kuil Seisho Ji, Tokyo itu dibangun oleh Pemerintah Jepang setelah kunjungan Presiden Sukarno pada 1958 atas undangan Kaisar Hirohito.

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi bersama para pelajar di Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Kamis
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi bersama para pelajar di Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Kamis

"Ini adalah apresiasi kita atas peran pahlawan keturunan Jepang yang berjuang bersama pahlawan Indonesia," katanya. Turut mendampingi Atase Pertahanan Laksamana Pertama Azwan Yusuf, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, dan Kresna Hadi.

Usai upacara, Dubes Heri dan Ibu Nuning Akhmadi melakukan pemotongan tumpeng untuk perwakilan masyarakat, perwakilan Bank Indonesia dan BUMN di Jepang, dan Taruna TNI.

Acara kemudian dilanjutkan ramah-tamah dengan WNI di Jepang yang dimeriahkan dengan berbagai lomba khas Hari Kemerdekaan seperti di tanah air yang diikuti oleh anak-anak dan dewasa.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek