Lahan di Fakfak Terbakar, Warga Berjibaku Padamkan Api dengan Alat Seadanya - Kompas

 

Lahan di Fakfak Terbakar, Warga Berjibaku Padamkan Api dengan Alat Seadanya

Kompas.com - 13/08/2023, 00:57 WIB
Kebakaran di hutan Distrik Tomage, Fakfak

MANOKWARI, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di hutan milik warga di Distrik Tomage, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Sabtu (12/8/2023). Kebakaran yang terjadi sejak siang hingga malam itu melahap lahan kering di Kampung Warisa dan Kampung Wonodadi Mulia.

Kepala Kampung Warisa Satuan Pemukiman SP 2 Distrik Bombay, Andi membenarkan kebakaran yang melanda kawasan hutan warga sejak pukul 13.00 WITA hingga malam ini.

"Iya benar kebakaran sejak siang tadi sampai malam ini. Kita masih berusaha melakukan pemadaman dengan alat seadanya," kata Andi.

Andi menyebut belum mengetahui penyebab kebakaran lahan tersebut. Dia baru mengetahui pada siang lalu mengerahkan warga melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya.

"Kami belum tau apa penyebab kebakaran. Hanya saja sejak siang tadi awalnya api kecil tapi karena angin kencang sehingga api merembes hingga lahan di Kampung sebelah," jelasnya

Dia tidak bisa memastikan luas lahan yang terbakar. Namun Andi memperkirakan api membakar lebih 1 hektar lahan.

"Saya tidak memastikan berapa luas lahan yang terbakar tetapi ini saya perkirakan lebih dari 1 hektar. Bahkan kayaknya ratusan hektar. Bahkan api sudah merembes ke kawasan teletabis Padang rumput di kawasan Distrik Bomberay," tuturnya.

Andi mengatakan sejak siang dirinya sudah berkordinasi dengan Pemerintah Daerah hanya saja belum ada respons.

Sementara itu, Bupati Fakfak Untung Tamsil belum menjawab saat dikonfirmasi terkait kebakaran tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Komentar