OJK Cerita Anak Muda Susah Ambil KPR Gegara Paylater Rp300 Ribu - CNN Indonesia

 

OJK Cerita Anak Muda Susah Ambil KPR Gegara Paylater Rp300 Ribu

CNN Indonesia
Jumat, 18 Agu 2023 15:23 WIB
Otoritas Jasa Keuangan mengungkapkan ada anak muda yang susah mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) karena terjerat paylater.
Otoritas Jasa Keuangan mengungkapkan ada anak muda yang susah mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) karena terjerat paylater. Ilustrasi. (iStockphoto/B4LLS).
Jakarta, CNN Indonesia --

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan ada anak muda yang susah mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) karena terjerat paylater  meski hanya senilai Rp300 ribu.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengimbau masyarakat berhati-hati menggunakan metode pembayaran tersebut.

"Beberapa bank kemarin mengeluhkan tanda kutip ke kami 'ini anak-anak muda banyak yang harusnya ngajuin KPR rumah pertama, tapi nggak bisa karena ada utang di paylater itu kadang Rp300 ribu, Rp400 ribu, tapi kemudian jelek kan credit score-nya'," jelasnya dalam konferensi pers OJK, Jumat (18/8).

PARALLAX BANNER
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Friderica mengatakan hal ini dikarenakan PayLater sudah masuk ke dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang menjadi salah satu penilaian performa keuangan masyarakat saat berurusan dengan perbankan, seperti KPR.

"PayLater sudah masuk ke SLIK kita. PayLater ini sudah nyata banget," ujarnya.

Menurutnya, sudah ada laporan dari beberapa perbankan mengenai masyarakat yang gagal mengajukan KPR karena memiliki utang di PayLater. Padahal utang tersebut tidak banyak, namun sangat mempengaruhi performa keuangan.

Meskipun konsumen ingin melunasi utang PayLater setelah gagal mengajukan KPR, imbuhnya, terkadang membutuhkan waktu. Sehingga, sekali lagi, Friderica menekankan masyarakat harus hati-hati menggunakan PayLater.

"Terus kemudian mereka kadang mau melunasi itunya sudah tutup, kadang-kadang jadi masih gantung, mau dihubungi susah dan lain-lain. Jadi itu mesti hati-hati, itu nyata di sekitar kita," pungkasnya.

(ldy/dzu)

Baca Juga

Komentar