Pilihan

Panjat Tiang 14 Meter, Pelajar SMA Ini Selamatkan Tali Bendera Putus Saat Upacara HUT RI By BeritaSatu

Panjat Tiang 14 Meter, Pelajar SMA Ini Selamatkan Tali Bendera Putus Saat Upacara HUT RI

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Aksi pelajar SMA Negeri 9 Gorontalo Utara Riski Lamato berhasil menyelamatkan tali di tiang bendera yang putus pada upacara bendera memperingati HUT ke-78 RI di Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara.
Aksi pelajar SMA Negeri 9 Gorontalo Utara Riski Lamato berhasil menyelamatkan tali di tiang bendera yang putus pada upacara bendera memperingati HUT ke-78 RI di Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara.

Gorontalo, Beritasatu.com – Seorang pelajar SMA Negeri 9 Gorontalo Utara bernama Riski Lamato dengan berani memanjat tiang setinggi 14 meter untukmenyelamatkan tali di tiang bendera yang putus pada saat upacara kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di tingkat Kecamatan Sumalata Timur, Kamis (17/8/2023).

Aksi Riski yang terbilang heorik itu dipuji Camat Sumalata Timur Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Nurhayati Wunati.

"Kebetulan saat tali bendera putus, diduga karena tarikan petugas pengerek yang terlalu keras, Riski berada di barisan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai peserta upacara penaikan bendera," Kata Nurhayati.

Pada saat kejadian, mendadak Riski berlari dan memanjat tiang bendera setinggi 14 meter. "Riski tiba-tiba berlari ke arah tiang bendera kemudian memanjat untuk menyambung tali yang putus. Aksi nekat ini sangat heroik. Kami terharu menyaksikannya," jelas Nurhayati.

Dalam pengakuannya Riski Lamato mengatakan, ia terpanggil memanjat tiang bendera. "Pak guru yang berada di barisan sempat meminta para siswa untuk membantu. Kebetulan saya ada di barisan itu spontan berlari untuk memanjat tiang bendera," kata Riski.

Ia mengatakan, tidak memikirkan risiko apapun saat memanjat tiang setinggi 14 meter itu. "Yang ada di pikiran agar cepat berlari, memanjat, dan menyambung tali. Kemudian saya langsung turun agar bendera bisa segera berkibar," ungkap Riski.

Ia mengaku bahagia dan tidak berharap apapun. "Saya cuma ingin melihat bendera berkibar di upacara ini," kata Riski.

Sekretaris Bidang Kelautan dan Perikanan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I KNPI Gorontalo Utara Poniran Kai mengatakan aksi Riski patut diapresiasi. "Kami dari KNPI mengapresiasi keberanian Riski mengingat tiang bendera itu setinggi 14 meter. Namun Riski mampu berlari sekuat tenaga memanjat secepat mungkin untuk bisa menyambung tali yang putus," katanya.

Riski, kata Poniran, adalah sosok pelajar yang paham tentang nilai-nilai kemerdekaan yang sedang diperingati.

"Kami dari KNPI sangat terharu sekaligus bangga dengan aksi yang dilakukan Riski. Aksi heroik yang menunjukkan nilai nilai patriotisme yang patut diteladani generasi muda saat ini," katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek