Perbedaan Liak dan Leak, Antara Ilmu Spiritual dan Sosok Seram dalam Mitologi Rakyat Bali - inews

 

Perbedaan Liak dan Leak, Antara Ilmu Spiritual dan Sosok Seram dalam Mitologi Rakyat Bali

bali.inews.id
August 13, 2023
Perbedaan Liak dan Leak, antara ilmu spiritual dan sosok seram dalam mitologi rakyat Bali.
Perbedaan Liak dan Leak, antara ilmu spiritual dan sosok seram dalam mitologi rakyat Bali.

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan Liak dan Leak kerap menjadi pertanyaan. Sebenarnya apa perbedaan keduanya?

Perbedaan keduanya salah satunya dijelaskan dalam akun YouTube Weda Wisnawa.

Disebutkan bahwa dalam Lontar Mahabhairawa Tantra, yang ada adalah Liak, yang memiliki arti Linggih Aksara. Para penekun ilmu spiritual ini berusaha untuk membangkitkan kekuatan Dasa Aksara yang ada di dalam tubuh.

Dasa Aksara ini adalah Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya. Sa ada di jantung, Ba di hati, Ta di ginjal, A di empedu, Na di paru, Ma di usus, Si di Limpa, Wa dalam rongga tubuh, serta A di tungtung hati.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Sedangkan Leak adalah Lenga Aksara, yang berarti lepas atau menyimpang dari Aksara, menyimpang dari kebaikan karena melakukan Aji Ugig yaitu teluh, desti, dan terangjana.

Asal Usul Leak

Asal usul Leak Bali kerap menjadi perbincangan masyarakat. Apakah Leak sosok nyata atau sekadar mitos?

Menurut Kamus Bahasa Bali Balai Bahasa Provinsi Bali yang diakses di kamusbahasaprovinsibali.id, Leak adalah jelmaan binatang (kera, babi, ayam, dan sebagainya) untuk menakut-nakuti orang. Kata Leak memiliki kaitan dengan ilmu hitam.

Dalam mitologi Bali, Leak adalah ilmu yang diberi nama Aji Pengeleakan. Suatu ilmu yang dapat mengubah wujud orang yang mempelajarinya menjelma menjadi berbagai bentuk.

Bukan hanya dalam wujud binatang, tapi juga Rangda, bola api, atau sinar warna tertentu sesuai dengan tingkat keilmuan yang dikuasai.

Dihimpun dari berbagai sumber, ilmu Leak pada masa lalu dipelajari untuk melindungi diri (tameng) dan menyerang musuh. Namun orang yang memiliki ilmu Leak terkadang menguasai ilmu hitam yang membuat sosoknya menjadi menakutkan dan jahat.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News


Sosok Leak

Ada tiga Leak yang melegenda dalam mitologi Bali. Dua di antaranya adalah perempuan dan satu laki-laki.

Sosok Leak diyakini orang Bali sebagai manusia yang mempelajari ilmu hitam dan membutuhkan tumbal seperti organ tubuh manusia atau janin bayi. Sosoknya digambarkan bertubuh besar, memiliki wajah menyeramkan dengan bola mata keluar, lidah panjang, dan gigi tajam

Sosok wajah menyeramkan itulah yang kemudian menjadi bagian dari kebudayaan Bali. Sosok Leak kerap dihadirkan dalam pertunjukan seni tari atau muncul dalam bentuk lukisan. Leak juga menjadi souvenir khas Bali, baik berupa topeng atau patung.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Baca Juga

Komentar