Viral di Twitter, Ini 4 Fakta Menarik Kota Saranjana di Kalimantan By BeritaSatu

 

Viral di Twitter, Ini 4 Fakta Menarik Kota Saranjana di Kalimantan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 7, 2023
Ilustrasi kota Saranjana.
Ilustrasi kota Saranjana.

Jakarta, Beritasatu.com - Warga Twitter dihebohkan dengan cerita Gusti Guna yang menulis tentang keberadaan Kota Saranjana. Hal ini membuat Kota Saranjana menjadi perbincangan publik kembali.

Pada unggahan Gusti Guna, ia melakukan penelusuran Kota Saranjana selama dua minggu di Kalimantan. Kota ini dianggap oleh juru kunci setempat sebagai titik perbatasan antara dunia manusia dan gaib. Saranjana dianggap sebagai gerbang masuknya.

Sebelumnya, Kota Saranjana dikenal dengan kota gaib dengan peradaban yang lebih maju dibandingkan kota-kota di Indonesia. Beberapa orang yang pernah melihat mengatakan kota penuh misteri ini dipenuhi dengan gedung pencakar langit yang mewah.

Akan hal ini, banyak yang mempertanyakan keberadaannya. Apakah masuk ke dalam peta wilayah Indonesia? Tidak berlama-lama berikut adalah fakta menarik Kota Saranja.

1. Asal Usul Nama Saranjana
Jika ditinjau melalui nama, Saranjana, Sarangjana, atau Serandjana dalam catatan naturalis Belanda memiliki persamaan dengan Sarangtiung. Saranjana terletak di bagian selatan Pulau Laut, semetara Sarangting berada di bagian utaranya.

Untuk menggambarkan kemiripan dan keterhubungan ini, diperlukan penyelidikan lebih lanjut. Namun, berdasarkan analisis bahasa tersebut menunjukkan bahwa tempat ini memiliki unsur ‘sarang’.

Adapun yang membandingkan dengan kosakata India, “Saranjana” memiliki arti tanah yang diberikan. Akan tetapi, pendapat ini juga masih bersifat cocoklogi dan belum ditemukan bukti-bukti yang mendasari.

2. Ada di Peta Zaman Kolonial
Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan keberadaan Saranjana dalam perspektif sejarah. Kota gaib ini pernah ditemukan di wilayah Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kotabaru.

Salomon Muller, seorang naturalis Jerman, mengilustrasikan fenomena ini melalui peta berjudul "Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo" atau peta daerah pesisir dan pedalaman Borneo. Peta yang berasal dari tahun 1845 menggambarkan wilayah dengan penulisan Tandjong (hoek) Serandjana. Dalam hal ini, disimpulkan Kota Saranjana memang ada, tetapi telah menghilang.

3. Dikenal Sebagai Kota Tak Terlihat
Tidak tercatat dalam peta Indonesia, keberadaan Kota Saranjana tetap diyakini oleh masyarakat Kalimantan. Saranjana dijuluki sebagai kota tak terlihat secara langsung dan sampai saat ini tidak banyak yang dapat melihatnya. Hanya sebagian dari mereka saja yang memiliki kemampuan spiritual untuk melihatnya.

Perkotaan di sana dianggap lebih maju karena banyak bangunan menjulang tinggi, jauh lebih modern dibandingkan keadaan saat ini.

4. Dianggap Dunia Paralel
Masih menjadi misteri, bagaimana akses menuju ke Kota Saranja. Beberapa orang mengatakan, kota tersebut terletak di dalam dimensi paralel yang sulit dijangkau manusia biasa.

Dalam thread @GustiGina disebutkan bahwa ia bertemu dengan 20 orang saksi yang pernah memasuki kota Saranjana. Namun, ada satu saksi yang meskipun berhasil kembali dengan selamat, saat itu mengalami masalah kesehatan mental.

Baca Juga

Komentar