Bela Jokowi Soal Data Parpol dari Intelijen, Gerindra: Tak Akan Disalahgunakan By BeritaSatu

 

Bela Jokowi Soal Data Parpol dari Intelijen, Gerindra: Tak Akan Disalahgunakan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 18, 2023
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Harian Partai Gerindra Ahmad Sufmi Dasco mengatakan pihaknya tidak masalah Presiden Joko Widodo memiliki data-data intelijen partai politik. Menurut Dasco, Presiden Jokowi sebagai negarawan tidak akan menyalahgunakan data-data intelijen termasuk data tentang parpol untuk kepentingan pribadi, tetapi hanya digunakan untuk kepentingan negara dan bangsa.

"Saya yakin dan percaya bahwa itu tidak akan disalahgunakan oleh Presiden," ujar Dasco di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Menurut Dasco, Jokowi akan menggunakan data-data intelijen tersebut hanya untuk pengambilan keputusan dalam mengelola negara. Data intelijen penting agar presiden sebagai kepala negara bisa memutuskan kebijakan secara tepat.

"Saya yakin dan percaya bahwa data di intelijen yang dipunyai oleh Presiden sebagai kepala negara tentunya hanya dipakai dalam hal pengambilan keputusan-keputusan strategis dalam mengelola pemerintahan, tidak untuk yang lain," tandas Dasco.

Lebih lanjut, Dasco menjelaskan bahwa Presiden Jokowi merupakan user dari lembaga-lembaga intelijen negara, baik itu intelijen negara, intelijen strategis, dan intelijen keamanan.

"Pokoknya lembaga-lembaga intelijen tentunya Pak Jokowi mendapatkan masukan sebagai user data-data intelijen. Data-data intelijen itu bukan hanya tentang politik akan tetapi berbagai hal ekonomi, budaya, dan lain-lain yang diperlukan oleh seorang presiden dalam pertimbangan salah satunya mengambil keputusan" pungkas Dasco.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku mengantongi informasi dan data terkait arah partai politik dari berbagai sumber intelijen. Selain intelijen pribadi, Jokowi mengaku mendapat informasi dari intelijen Polri dan intelijen TNI. Dari informasi itu, Jokowi menyebut juga memahami seluk-beluk setiap partai politik dan keinginan masing-masing partai.

"Saya tahu dalamnya partai seperti apa, saya tahu. Partai-partai ingin menuju ke mana saya ngerti. Informasi yang saya terima itu, baik dari intelijen saya ada, dari intelijen Polri ada, dari intelijen TNI saya punya BAIS, dan info-info itu, angka, data, survei, ada semua, dan itu hanya milik Presiden," ungkap Jokowi dalam rapat kerja nasional relawan pendukung kepemimpinan Presiden Jokowi atau Seknas Jokowi di Hotel Salak, Bogor, Sabtu (16/9/2023).

Terkait dengan sosok presiden selanjutnya, Jokowi menyebut pemimpin Indonesia haruslah orang yang mau berhitung secara detail dan turun ke lapangan. Sebagai presiden, Jokowi telah berulang kali turun langsung ke lapangan untuk meninjau perkembangan hilirisasi industri. Jokowi juga menyebut selalu berhitung secara detail mengenai rugi untung yang diterima negara sebelum mengambil suatu kebijakan.

"Pemimpin ke depan harus ngerti ini, mau berhitung, mau kalkulasi, mau ke lapangan. Saya beberapa kali turun langsung ke pabrik, Presiden ngurus-ngurusin hal seperti itu, tetapi kalau enggak kita urus, enggak rampung dia. Begitu saya datang, saya tanya, kapan akan selesai?" ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan sosok presiden Indonesia periode 2024, 2029, dan 2034, akan menjadi penentu nasib Indonesia. Hal ini lantaran proyeksi berbagai lembaga keuangan dunia seperti World Bank dan IMF menyebut Indonesia mampu melompat menjadi negara maju apabila mampu memanfaatkan peluang dalam tiga periode tersebut.

"2024, 2029, dan 2034, itu sangat menentukan negara kita melompat menjadi negara maju. Kesempatan itu hanya ada di tiga periode kepemimpinan nasional, yang ngomong bukan saya, yang ngomong pakar-pakar, baik dari IMF, World Bank," ujar Jokowi.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek