Pilihan

Buktikan Indonesia Dipercaya Dunia, Jokowi: Saya Foto Selalu di Tengah Saat G-7 dan G-20 By BeritaSatu

 

Buktikan Indonesia Dipercaya Dunia, Jokowi: Saya Foto Selalu di Tengah Saat G-7 dan G-20

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 16, 2023
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

Bogor, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia telah terbukti saat agenda-agenda penting. Saat KTT G-7 di Horishma, Jepang dan KTT G-20 di India, Jokowi mengaku selalu ditempatkan pada posisi tengah saat berfoto dengan para pemimpin dunia.

"Internasional percaya ke RI, global percaya. Itu tidak mudah kalau kita tidak dipercaya. Coba dilihat saat KTT G-20, pasti kita foto di pojokan, tetapi kalau dipercaya, fotonya pasti di tengah-tengah. Saya juga enggak mau ditaruh di pojokan, enggak mau datang saya kalau saya taruh di sana, karena negara kita ini negara besar," kata Jokowi dalam sambutannya di acara relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) di Gedung Putih Tio Ma, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (16/9/2023).

Jokowi menyatakan, Indonesia bukanlah anggota G-7. Namun, saat sesi foto bersama pemimpin dunia, Jokowi ditempatkan pada posisi tengah.

"Kalau G-20, kita anggota, taruh di depan, kalo enggak di depan, ya saya pulang pasti. Enggak mau, negara ini, bukan negara kaleng-kaleng. Negara ini negara besar dan kita harus bangga terhadap negara kita. Kalau sudah dipercaya itu, itu mencari modal mudah, tetapi pertama yang harus kita dapatkan adalah kepercayaan. Masih banyak persoalan-persoalan yang kita hadapi di negara ini," tegasnya.

Jokowi menyampaikan pentingnya membangun kepercayaan dalam setiap kesempatan, baik dalam lingkup pekerjaan maupun negara.

Jokowi menceritakan, selalu mengedepankan kepercayaan setiap orang kepada dirinya. Hal itu telah dilakukannya sejak meniti karier sebagai pengusaha hingga saat ini menjadi orang nomor satu di Indonesia.

"Saat merintis usaha, saya mulai dari nol, yang saya lakukan adalah gimana dapatkan kepercayaan, mendapat bahan baku tanpa bayar tetapi bisa nyicil. Mendapat bahan penolong enggak bisa beli tetapi bisa dapat, dan kita angsur setiap bulannya. Karena apa orang percaya pada saya," jelas Jokowi.

"Begitu juga di karir politik, yang saya bangun adalah kepercayaan. Kalau orang tidak percaya, sulit sekali. Membuat kebijakan, membuat policy, karena orang sudah tidak percaya. Itulah yang juga kita ingin bangun terhadap negara kita, negara Indonesia, kepercayaan, rakyat percaya pada negara, pada pemerintah, dan setelah itu masuk internasional," katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek