Delegasi KTT ke-43 ASEAN Banyak yang Extend ke Bali - detik

 Delegasi KTT ke-43 ASEAN Banyak yang Extend ke Bali



Jakarta -

Bali ternyata tetap menjadi primadona. Para delegasi banyak yang memperpanjang waktu kunjungannya dan ingin extend ke Bali.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno di sela-sela kunjungannya ke Media Center KTT ke-43 ASEAN, Rabu (6/9/2023).

"Sebagian dari delegasi juga ada yang memperpanjang masa tinggal dan pergi ke Bali dan Labuan Bajo. Kemarin saya bicara dengan Klaus Schwab dari World Economic Forum yang ingin ke Labuan Bajo. Nah, memang itu yang kita inginkan, tak hanya ke Jakarta tapi memperpanjang kunjungannya ke destinasi wisata lainnya," kata Sandiaga.

Sandiaga mencoba mengarahkan para delegasi untuk memperpanjang masa tinggalnya dengan berkunjung ke 5 destinasi superprioritas. Namun hampir semua delegasi inginnya datang ke Bali.

"Kita arahkan mereka ke 5 destinasi superprioritas, tapi semua ingin ke Bali. Tapi kita akan minta ke Labuan Bajo, Candi Borobudur, Lombok atau lebih jauh lagi ke Danau Toba dan Likupang," dia menambahkan.

Di momen gala dinner nanti, Sandiaga berharap para delegasi terpukau dengan keramahan Indonesia. Tak hanya punya alam yang cantik, tapi juga punya budaya yang mengagumkan.

"Nanti malam akan kita saksikan gala dinner yang akan memukau para peserta dan tamu. Dan inilah kekuatan Indonesia, selain destinasi wisata, juga masyarakatnya ramah dan budaya kita tampilkan juga meriah," ujar dia.


22 Kepala Negara Hadiri KTT ASEAN

KTT ASEAN 2023 dihadiri 22 negara, yakni 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Indonesia juga mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Simak Video "Jokowi: Bagi Indonesia Kemitraan ASEAN-Korsel Partnership of The Future"


(sym/wsw)

Baca Juga

Komentar