Pilihan

Diduga Bantu KKB Egianus Kogoya, 5 Warga Sipil di Nduga Diamankan Polisi By BeritaSatu

 

Diduga Bantu KKB Egianus Kogoya, 5 Warga Sipil di Nduga Diamankan Polisi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 18, 2023
Kepolisian resort Nduga saat bertemu dengan keluarga lima warga yang diamanka.
Kepolisian resort Nduga saat bertemu dengan keluarga lima warga yang diamanka.

Kenyam, Beritasatu.com - Lima warga sipil diamankan Kepolisian Resort Nduga pada Minggu (17/9/2023) karena diduga kuat membantu pergerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Mereka diamankan di salah satu rumah di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kabag Ops Polres Nduga, AKP Bayu Pratama Sudirno mengatakan penangkapan terhadap lima warga sipil tersebut dilakukan setelah mendapat informasi akurat terkait keterlibatan mereka dalam mendukung pergerakan kelompok Egianus Kogoya.

"Penangkapan dilakukan oleh personel Sub Satgas Gakkum Damai Cartenz wilayah Nduga di rumah Bapak Zakeus Kogoya, sekitar pukul 21.00 WIT. Kelima orang tersebut terindikasi kuat telah berkomunikasi dengan Army Kogoya pada tanggal 5 September lalu. Mereka memberitahukan ke KKB untuk mundur karena ada aparat yang naik ke pinggir kali," ungkap, AKP Bayu, Senin (18/92023).

Penghuni rumah sempat memberikan perlawanan saat dilakukan penangkapan. "Sempat ada penolakan dari penghuni rumah. Ada cekcok mulut sampai aksi dorong pintu oleh aparat. Namun, setelah kami jelaskan akhirnya kelima warga tersebut berhasil kita amankan," jelas AKP Bayu.

Penangkapan terhadap lima warga tersebut guna menggali informasi terkait pergerakan KKB kelompok Egianus Kogoya yang saat ini sedang menahan pilot Susi Air sejak 7 Februari 2023 lalu.

"Kita sudah meminta keterangan dan salah satu dari mereka mengaku ikut terlibat dengan KKB Egianus. Pengakuan tersebut juga diperkuat dengan adanya foto dari telepon genggam pelaku yang disita," jelas Bayu.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek