Digital Economy Framework Agreement jadi Andalan di KTT ASEAN, Airlangga: Ekonomi Digital Bisa Naik jadi Rp 2 Triliun - Trmpo

 

Digital Economy Framework Agreement jadi Andalan di KTT ASEAN, Airlangga: Ekonomi Digital Bisa Naik jadi Rp 2 Triliun

Reporter

Kamis, 7 September 2023 20:32 WIB

  • Bagikan



Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pengarahan media di Jakarta Convention Center usai konferensi tingkat tinggi ASEAN pada Kamis, 7 September 2023. TEMPO.CO/Daniel A. Fajri
Iklan

TEMPO.COJakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan Digital Economy Framework Agreement menjadi andalan dalam KTT ASEAN ke-43. Kesepakatan tersebut merupakan master plan yang dibuat di Keketuaan Indonesia. 

Iklan

Airlangga menjelaskan kesepakatan tersebut mencakup sebuah perjanjian yang sangat dalam mengenai digitalisasi, digital talent, digital id, cyber security, serta retraining rescaling infrastructure interoperability di ASEAN. 

Baca Juga:

"Tanpa ini ekonomi digital di ASEAN tahun 2030 adalah Rp 1 triliun, nah ini bisa meningkat menjadi 2 triliun," kata Airlangga. 

Airlangga mengatakan drafting perjanjian tersebut telah disiapkan. Adapun target perjanjian ini diharapkan akan selesai pada 2025. 

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan keputusan yang dihasilkan dari persamuhan ini, antara lain kerja sama pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik, percepatan pelaksanaan regional crossborder payment, dan local currency transaction. 

Baca Juga:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ditambah pelaksanaan ASEAN-Indo-Pacific Forum yang telah menghasilkan 93 proyek senilai US$ 38,2 miliar. "Ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat," ucap Jokowi. 

Jokowi menekankan ASEAN mempunyai potensi besar untuk itu. Terlebih, pertumbuhan ekonomi ASEAN berada di atas rata-rata dunia. Ditambah bonus demografi dan stabilitas politik yang ia nilai terjaga dengan baik. 

"Dan saya melihat menjadi tugas Indonesia bersama negara ASEAN lainnya memastikan kapal ASEAN harus terus berlayar," kata Jokowi.

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Pimpinan Negara Deklarasikan Transformasi PAUD dalam KTT ASEAN 2023, Begini Isinya

4 jam lalu

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini menggelar kegiatan PAUD Goes to Museum.

Seluruh pimpinan ASEAN mendeklarasikan tentang Layanan dan PAUD di Asia Tenggara untuk pertama kalinya di momen perhelatan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

KTT ASEAN Momentum Indonesia Pacu Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

17 jam lalu

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani. Foto: Runi/nr

Adanya komitmen bersama menjadikan Asean sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru dunia

CElebrASEAN 2023: Gelorakan Ekonomi Kreatif di Tengah KTT ke-43 ASEAN

18 jam lalu

ASEAN Matters merupakan kesempatan bagi perusahaan besar dan juga UKM untuk berpartisipasi di CElebrASEAN

CElebrASEAN Expo 2023, Cara Pelaku Parekraf Bangkitkan Semangat KTT ke-43 ASEAN

18 jam lalu

Ada sebanyak 23 pelaku parekraf yang telah berpartisipasi dalam CElebrASEAN Expo 2023 ini. Mereka

Viral Insiden Delegasi KTT ASEAN di Semanggi, Dirlantas Polda Metro Jaya Jadi Sorotan

19 jam lalu

Insiden mobil patroli polisi hampir menyerempet delegasi KTT ASEAN di Semanggi, Jakarta, yang viral di media sosial.

Viral di media sosial video mobil patroli polisi menerobos barisan tamu negara yang merupakan delegasi KTT ASEAN hingga hampir menyerempetnya.

Australia Serukan Krisis Iklim Diatasi Bersama

19 jam lalu

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison ketika melakukan pertemuan bilateral disela KTT ke-33 ASEAN, di Pusat Konvensi Suntec, Singapura pada Rabu 14 November 2018. ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo

Australia menyerukan negara-negara di Indo-Pasifik agar mengatasi bersama tantangan seperti krisis iklim.

Jatam Nilai Promosi Investasi IKN di KTT ASEAN Berpotensi Meningkatkan Kehancuran Lingkungan di Kalimantan

21 jam lalu

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kiri) meninjau media center KTT ke-43 ASEAN 2023 di JCC, Jakarta, Jumat 1 September 2023. ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru

Jaringan Advokasi Tambang atau Jatam menanggapi soal langkah Indonesia dalam mempromosikan investasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam KTT ke-43 ASEAN. Jatam menilai banyak rentetan masalah yang muncul di balik pembangunan IKN.

Viral Mobil Polisi Terobos Rombongan Delegasi KTT ASEAN 2023

21 jam lalu

Tangkapan layar sebuah mobil Ditlantas Polda Metro Jaya menerobos iring-iringan delegasi KTT ASEAN di Jalan Jenderal Sudirman menuju ke M.H Thamrin, Kamis, 7 September 2023. ANTARA/twitter/@MurtadhaOne1/Ilham Kausar

Viral sebuah video yang memperlihatkan sebuah mobil polisi menerobos rombongan delegasi KTT ASEAN 2023 yang tengah melintas.

Menparekraf Minta Pemuda ASEAN Mainkan Peran Strategis

22 jam lalu

Menparekraf Sandiaga menyambut baik semangat generasi muda ASEAN dalam menciptakan identitas ASEAN yang kuat.

Viral Mobil Polisi Terobos Konvoi Delegasi KTT ASEAN, Polda Metro Jaya dan IPW Bilang Begini

23 jam lalu

Tangkapan layar sebuah mobil Ditlantas Polda Metro Jaya menerobos iring-iringan delegasi KTT ASEAN di Jalan Jenderal Sudirman menuju ke M.H Thamrin, Kamis, 7 September 2023. ANTARA/twitter/@MurtadhaOne1/Ilham Kausar

Video viral mobil polisi menerobos rombongan delegasi KTT ASEAN 2023. Polda Metro Jaya dan IPW bilang begini.

Baca Juga

Komentar