Pilihan

Dinas Kesehatan Perkuat Sosialisasi Vaksinasi HPV - Lombok Post

 

Dinas Kesehatan Perkuat Sosialisasi Vaksinasi HPV - Lombok Post



LombokPost-Program nasional pemberian vaksin HPV (human papillomavirus) serentak dilakukan pada pekan kedua agustus lalu. Kegiatan ini dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

”Kasusnya tidak banyak sekitar satu dua saja. Kami kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk pemberian ke anak-anak di sekolah,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB dr Lalu Hamzi Fikri. 

Pemberian vaksin dibarengi dengan sosialisasi kepada orangt ua terkait manfaatnya. Karena itu, kerjasama dengan dikbud NTB juga diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada orang tua.

”Penolakan mungkin ada, tapi tidak banyak. Itu karena karena masih kurangnya pemahaman terkait pentingnya pemberian vaksin HPV,” katanya. 

Saat ini, kegiatan pemberian vaksin HPV masih berlangsung. Stok vaksin dari pihak pusat masih terus didistribusikan. Karena ada beberapa wilayah yang belum menerima vaksin. Seperti Lombok Tengah yang baru bulan ini melaksanakan vaksin. Dikarenakan bulan lalu siswa sedang sibuk mengikuti lomba dan sebagainya. 

”Pelaksanaan vaksin memang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing daerah,” ucapnya. 

Menurut data, cakupan antigen baru imunisasi HPV per 12 September di NTB pada angka 38,99 persen. Angka tertinggi ada di Sumbawa Barat dengan 79,49 persen. Dan terendah ada di Lombok Tengah dengan angka 0,38 persen. Untuk capaian imunisasi HPV per 12 September tertinggi di Lombok Timur dengan angka 6.740 anak dan terendah di Lombok Tengah baru 31 anak. (cr-chi/r11) 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek