Pilihan

DLHK Sebut Kualitas Udara Kota Palembang Masih Belum Membaik | Garuda News 24

 

DLHK Sebut Kualitas Udara Kota Palembang Masih Belum Membaik | Garuda News 24

DLHK Sebut Kualitas Udara Kota Palembang Masih Belum Membaik
152
SAHAM

–Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang mengungkapkan, kualitas udara di Kota Palembang masih belum membaik. Berada pada level sedang hingga tidak sehat pada Minggu (17/9).

”Kini angka Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Palembang berkisar di angka 149 dari 101-200 mikrogram/m3 kategori tidak sehat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang Mustain seperti dilansir dari Antara.

Tingginya angka ISPU tersebut, lanjut dia, karena masih banyak kabut asap di Kota Palembang akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga: KPKNL Palembang Bantu Penagihan Piutang Rumah Sakit ke Pasien

Dia menjelaskan, pengukuran ISPU itu dilakukan pada Sabtu (16/9), di Stasiun Bukit Kecil Palembang pukul 15.00 WIB. Hasil pengukuran angka ISPU yakni 149 mikrogram/m3 dan tergolong tidak sehat.

Mustain mengimbau masyarakat Palembang agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu, selalu menggunakan masker apabila haru beraktivitas di luar rumah untuk mengantisipasi berbagai jenis penyakit gangguan pernapasan diakibatkan kabut asap karhutla.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sinta Andayani mengungkapkan, udara di ibu kota Sumatera Selatan itu akhir-akhir ini kondisinya tidak sehat.

Baca Juga: BMKG Ungkap Udara Kota Palembang Tidak Sehat

”Dalam kondisi udara tidak sehat, masyarakat diingatkan mengurangi kontak langsung dengan udara di luar ruangan dan menggunakan masker untuk mengantisipasi bahaya polusi udara bagi kesehatan,” ujar Sinta Andayani.

Untuk tidak memperburuk kondisi udara sekarang ini, menurut dia, masyarakat diimbau juga agar tidak membakar sampah atau aktivitas yang dapat menimbulkan asap atau pencemaran udara. Partisipasi dari semua pihak dan lapisan masyarakat berperan besar dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem dan udara buruk sekarang ini agar tidak semakin parah.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek