Pilihan

Dulu Teman Sekarang Musuhan, Polandia Panggil Dubes Ukraina gegara Sindiran Zelensky - inews

 

Dulu Teman Sekarang Musuhan, Polandia Panggil Dubes Ukraina gegara Sindiran Zelensky

Dulu Teman Sekarang Musuhan, Polandia Panggil Dubes Ukraina gegara Sindiran ZelenskyPolandia memanggil Dubes Ukraina di Warsawa, Vasyl Zvarych, terkait pernyataan Presiden Volodymyr Zelensky di Sidang Majelis Umum PBB (Foto: Reuters)

WARSAWA, iNews.id - Polandia memanggil Duta Besar (DubesUkraina di Warsawa, Vasyl Zvarych, Rabu (20/9/2023), terkait komentar Presiden Volodymyr Zelensky. Polandia melarang impor bahan makanan dari Ukraina yang memicu protes keras dari Kiev.

Konflik Polandia dan Ukraina semakin dalam. Ironis, padahal di awal invasi Rusia, Polandia selalu membantu Ukraina.

Baca Juga

Polandia, Hungaria, dan Slovakia Larang Impor Biji-bijian dari Ukraina, Ini Alasannya

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Polandia memanggil dubes Ukraina terkait pernyataan Zelensky dalam pidato di Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa kemarin.

"(Ukraina) Bekerja keras mempertahankan jalur darat untuk ekspor biji-bijian serta bahwa teater politik seputar impor biji-bijian hanya membantu Rusia, yang menginvasi Ukraina tahun lalu," demikian petikan pidato Zelensky yang membuat marah Polandia.

Baca Juga

Mobil Penumpang Rusia Dilarang Masuk Polandia mulai Besok

Polandia, bersama Slovakia dan Hongaria, membatasi impor gandum Ukraina sejak Jumat pekan laku setelah Komisi Eropa memutuskan untuk tidak memperluas larangan impor ke lima negara Uni Eropa bagian timur.

“(Wakil Menteri Luar Negeri Pawel Jablonski) menyampaikan protes keras Polandia atas pernyataan Presiden V Zelenskiy di Majelis Umum PBB kemarin, menuduh beberapa negara UE pura-pura menunjukkan solidaritas sambil secara tidak langsung mendukung Rusia,” demikian pernyataan Kemlu Polandia, dikutip dari Reuters.

Baca Juga

Polandia Makin Waswas Bernasib seperti Ukraina, Kirim 10.000 Pasukan ke Perbatasan Belarusia

Jablonski juga mengatakan kepada Zvarych, menekan Polandia di forum multilateral atau mengajuan laporan ke pengadilan internasional bukanlah cara yang tepat untuk menyelesaikan perselisihan antarnegara.

Seorang juru bicara Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengonfirmasi, Ukraina telah mengambil langkah pertama dalam perselisihan perdagangan dengan mengajukan laporan kepada badan perdagangan global tersebut.

Dia tidak menyebutkan nama negara-negara tersebut meskipun Ukraina sebelumnya menyebut pengaduan tersebut menargetkan Polandia, Slovakia dan Hongaria.

Ukraina juga membalas dengan membatasi impor terhadap barang-barang tertentu dari Polandia dan Hongaria sampai mereka mencabut larangan yang sama.

Namun Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki merespons, Polandia bisa saja melarang impor produk makanan Ukraina lainnya jika Kiev menambah masalah.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek