Gemilang, Pemprov Jatim Raih 2 Penghargaan APDI 2023 By BeritaSatu

 

Gemilang, Pemprov Jatim Raih 2 Penghargaan APDI 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 12, 2023
Chairman B Universe Enggartiasto Lukita
Chairman B Universe Enggartiasto Lukita

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengukir prestasi gemilang pada Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia 2023 atau APDI 2023.

Berkat program Peningkatan Nilai Tambah untuk Pemulihan Ekonomi, Pemprov Jatim meraih apresiasi di bidang Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah dan Pelayanan Dasar Tertinggi.

"Saya kira ini bukan sesuatu yang mengejutkan karena memang alhamdulilah selama dua tahun berturut-turut ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada tahun 2021- 2022 juga mendapatkan penghargaan pada bidang yang sama dari Kemendagri," ungkap Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Mohammad Yusqi El Fahmi kepada Beritasatu.com, Selasa (12/9/2023).

Yusqi menyebutkan, Pemprov Jatim berusaha memberikan perhatian yang luar biasa terhadap pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan. Persyaratan di bidang kesehatan yang minimal hanya 10%, Pemprov Jatim menganggarkan sebesar 16%, begitu pun dengan bidang pendidikan.

"Pendidikan yang 20% kita anggarkan 26% artinya memang kita pengen betul-betul pelayanan dasar ini bisa dicukupi," tutur dia.

Selain dari dua bidang tersebut, Pemprov Jatim juga berfokus pada pembangunan ekonomi daerah. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 yang lalu benar-benar menerjunkan ekonomi Pemprov Jatim hingga minus 5,87%.

"Itu tertinggi dan alhamdulillah dengan perlahan kita bangkit dan sekarang kita sudah berada di posisi 5,24% dan itu melebihi pedoman ekonomi nasional. Ini yang membanggakan," sebut Yusqi.

"Yang kita lakukan adalah bagaimana kita bisa membangun hilirisasi pertanian misalnya jadi tidak hanya sektor produksinya, tetapi setelah panennya yang penting sehingga bisa meningkatkan daya tambah," lanjutnya.

Dikatakan Yusqi, nilai tukar tambah petani di Pemprov Jatim pada tahun ini meningkat hampir 109% dari yang biasanya hanya berada di angka 102-103% saja.

"Ini pencapaian yang sangat luar biasa, saya kira tidak salah kalau penghargaan ini diberikan," kata Yusqi.

Dalam kesempatan itu pun, Yusqi mengatakan, APDI 2023 dapat memberikan motivasi kepada para pemangku kepentingan daerah untuk terus berlomba-lomba mengukir prestasi dengan pencapaian kinerja terbaik bagi daerahnya masing-masing.

B-Universe menggelar malam penghargaan Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia atau APDI 2023, secara meriah di Hotel JS Luwansa Jakarta, pada Selasa (12/9/2023) malam. Acara tersebut dihadiri puluhan kepala daerah dari seluruh Indonesia. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turut menghadiri acara tersebut.

APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Acara APDI 2023 setidaknya dihadiri 21 kepala daerah kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia, serta puluhan pemimpin perusahaan yang siap membawa pulang piala apresiasi dalam 6 kategori.

Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita mengatakan acara ini digelar untuk mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah sekaligus menjadi pemicu untuk semakin meningkatkan inovasi di daerahnya masing-masing.

"Dengan berbagai parameter ditetapkan dan secara objektif, juri melakukan penilaian. Maka malam ini kita akan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah-pemerintah daerah. Tujuannya agar memacu pemerintah daerah terpilih untuk mempertahankan kinerjanya, dan kepada pemerintah daerah yang belum mendapat apresiasj agar berlomba-lomba mendapatkan apresiasi," kata Enggar dalam sambutan APDI 2023, Selasa.

Selain itu, imbuh Enggar, inovasi dan inisiatif yang ditampilkan pemerintah daerah melalui acara APDI juga sekaligus menjadi bukti kampanye sehat di tahun politik seperti saat ini.

Baca Juga

Komentar