Happy di KTT ASEAN! Wapres AS Ucap Terima Kasih ke Indonesia - CNBC Indonesia

 

Happy di KTT ASEAN! Wapres AS Ucap Terima Kasih ke Indonesia

KTT ASEAN 2023

News

Kamis, 07/09/2023 19:29 WIB

Foto: Kamala Harris. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan yang ditunjukan oleh kepemimpinan Indonesia di salah satu agenda rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Hal tersebut disampaikan Harris dalam siaran pers resmi Gedung Putih, Kamis (7/9/2023).

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menerima kunjungan Kamala Harris di sela-sela memimpin sidang KTT ASEAN pada Rabu (6/9/2023). Di mana pertemuan kedua pemimpin berlangsung dalam suasana hangat.

Adapun terakhir kali kedua pemimpin bertemu di Bangkok, Thailand, pada KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), 19 November 2022.


"Saya berterima kasih atas kepemimpinan Anda di Keketuaan ASEAN 2023. Kepemimpinan Anda telah memberikan hasil nyata melalui penekanan khusus pada pertumbuhan ekonomi sebagai prioritas ASEAN. Anda telah menjadi mitra yang kuat bagi kami dalam upaya memulihkan jalan Myanmar menuju demokrasi," ucap Wapres Harris.

Ia bersama Presiden Joe Biden mengaku senang bisa menjamu Presiden Jokowi dalam KTT Khusus AS-ASEAN di Washington, 11--13 Mei 2023 lalu yang menurut Harris begitu bersejarah.

Mantan senator dari negara bagian California tersebut menyatakan, banyak pekerjaan yang sedang dilakukan antara kedua negara untuk terus memperkuat hubungan. Washington menghargai prioritas Indonesia dalam mengejar pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

AS pun pada 2022 telah meluncurkan inisiatif infrastruktur untuk mencapai tujuan itu dalam bentuk Kemitraan Transisi Energi yang Adil senilai US$20 miliar (Rp306 triliun) untuk membantu mengurangi emisi global, mempercepat transisi ke energi ramah lingkungan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi secara luas.

Kemitraan Transisi Energi yang Adil (Just Energy Transition Partnership) merupakan upaya AS untuk memobilisasi pendanaan publik dan swasta dalam jumlah besar untuk mendukung transisi energi.

Saksikan video di bawah ini:

Jokowi Serahkan Palu Keketuaan ASEAN ke Laos

(dpu/dpu)

Baca Juga

Komentar