Pilihan

Hasil Korut vs Indonesia: Kalah, Garuda Muda Tetap Berpeluang Lolos ke 16 Besar - Beritasatu

 Hasil Korut vs Indonesia: Kalah, Garuda Muda Tetap Berpeluang Lolos ke 16 Besar



Jakarta, Beritasatu.com - Timnas U-24 Indonesia menelan kekalahan 0-1 saat bertemu Korea Utara (Korut) dalam penyisihan grup F cabang sepak bola Asian Games 2022, di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Minggu (24/9/2023).

Meski kalah untuk kedua kalinya, Indonesia berpeluang lolos ke 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik. Dalam pertandingan lainnya di grup F, Kirgiztan berhasil menaklukkan Taiwan, 4-1. Korut tampil sebagai juara grup F setelah meraih poin sempurna 9. Kirgiztan di posisi kedua dengan 3 poin unggul selisih poin atas Indonesia. 

Kepastian lolosnya Indonesia masih harus menunggu hasil pertandingan penyisihan di grup lain. 

Pelatih timnas U-24 Indonesia, Indra Sjafri, mengusung formasi 4-4-2. Posisi kiper dipercayakan kepada Ernando Ari. Penjaga gawang Persebaya Surabaya ini dikawal bek Andi Setyo, Rizky Ridho, Robi Darwis, dan Alfeandra Dewangga.

Empat barisan pemain tengah dipercayakan kepada Dony Tri Pamungkas, Rachmat Irianto, Taufany Musliduddin, Syahrian Abimanyu. Posisi striker dipercayakan kepada Egy Maulana Vikri, dan Ramai Rumakiek.

Kedua tim tampak tampil hati-hati pada babak pertama ini. Indonesia sempat tampil menyerang, tetapi upaya Rachmat Irianto dan kawan-kawan gagal memasuki pertahanan lawan lantaran banyak melakukan kesalahan passing.

Indonesia justru kebobolan pada menit ke-39. Berawal dari serangan balik, Korea Utara membuat umpan yang disambut dengan sundulan di sisi kiri. Bola yang dikirim ke depan gawang langsung disambut dengan cepat oleh Kim Yu Song dan memperdaya kiper Ernando Ari.

Korut kembali membobol gawang Indonesia pada menit ke-45. Namun, gol ini dianulir wasit lantaran Kim Yu Song tertangkap offside. Skor 1-0 untuk Korut bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Korut ganti memainkan pola menyerang. Mereka terus berupaya mengurung pertahanan tim Merah Putih. Beberapa peluang dihasilkan tim asuhan Sin Yong-nam, tetapi gagal membuahkan gol.

Serangan-serangan mereka beberapa kali diblok pemain belakang Indonesia. 

Menit ke-57, Korut memiliki peluang. Berawal dari serangan Kim Pom-hyok dari sisi kiri. Pemain bernomor punggung 4 ini kemudian berhasil mengalirkan bola ke dengan gawang. Beruntung, eksekusi Yu Song gagal membuat bola melesak ke gawang karena melenceng.

Indonesia berupaya membalas dengan melakukan serangan balik. Namun, serangan Indonesia kembali kerap gagal membuahkan peluang karena kesalahan dalam mengalirkan bola. Umpan-umpan pemain Garuda Muda kerap dipatahkan pemain lawan.

Pasukan Indra Sjafri kerap kesulitan mengalirkan bola ke depan. Tak heran jika Ramai Rumakiek dan Hugo Samir, yang menggantikan Egy Maulana, tak mampu menerobos pertahanan Korut.

Menit ke-70, Korut kembali mendapat peluang. Kim Kuk-jin merhasil menembus kotak penalti. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 11 ini berhasil diredam Ernando Ari.   

Korut kembali membuat peluang pada menit ke-79. Bek Hwang Chan-jun melepaskan tendangan keras dari luat kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, tendangannya mengenai tiang gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Korut bertahan hingga pertandingan usai.

  

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek