Jokowi Ajak China cs Kembangkan Ekonomi Hijau, Singgung Ekosistem Mobil Listrik - Garudanews24

 

Jokowi Ajak China cs Kembangkan Ekonomi Hijau, Singgung Ekosistem Mobil Listrik

By Beranda
garudanews24.id
September 7, 2023

Jakarta –

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak agar negara-negara ASEAN dan 3 mitra utamanya, China, Jepang, dan Korea Selatan mengembangkan ekonomi hijau. Hal ini diungkapkan Jokowi dalam pertemuan KTT ASEAN Plus Three.

Dia mengatakan peluang-peluang kerja sama ekonomi baru harus diciptakan di kawasan. Pembangunan ekonomi hijau menjadi salah satu prioritas utamanya.

“Kita harus terus membuka dan menciptakan peluang-peluang kerja sama baru, di mana pembangunan ekonomi hijau jadi salah satu prioritas ke depan,” ujar Jokowi dalam pertemuan rapat pleno ASEAN Plus Three di Ruang Cendrawasih, JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).

Jokowi juga mengatakan ekosistem baterai kendaraan listrik menjadi pengembangan ekonomi hijau yang paling utama didorong di Asia Tenggara. Dia pun sangat mengapresiasi apabila China, Jepang, dan Korea Selatan mau ikut mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Asia Tenggara.

“ASEAN sangat menghargai dukungan RRT, Jepang, dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV battery dan ASEAN-Indo-Pacific Forum. Ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan Kawasan,” beber Jokowi.

Jokowi pun menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di kawasan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama, memiliki kesadaran yang sama, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dengan terus menghormati hukum internasional,” ujar Jokowi.

Simak Video: KTT ASEAN-China Hasilkan 6 Kesepakatan Kerja Sama

[Gambas:Video 20detik]

(hal/das)

Baca Juga

Komentar