Pilihan

Jokowi Gelar Ratas, Minta Segera Integrasikan MRT hingga Kereta Cepat dengan Transportasi Lain - inews

 

Jokowi Gelar Ratas, Minta Segera Integrasikan MRT hingga Kereta Cepat dengan Transportasi Lain

By Raka Dwi Novianto
inews.id
September 27, 2023
Presiden Jokowi menggelar ratas di Istana
Presiden Jokowi menggelar ratas di Istana

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Terbatas (Ratas) terkait integrasi moda transportasi publik di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/9/2023). Jokowi mengatakan integrasi transportasi MRT, LRT hingga kereta cepat dengan moda transportasi massal lain perlu segera dieksekusi.

"Setelah kita memiliki MRT, LRT, kereta cepat, kemudian ada kereta bandara, yang harus kita segera selesaikan segera eksekusi adalah bagaimana kita mengintegrasikan moda transportasi ini dengan moda transportasi lainnya. Seperti Transjakarta, bus, taksi online, ojek online," kata Jokowi dalam Ratas tersebut.

Jokowi menegaskan, dibutuhkan sebuah sistem yang memudahkan masyarakat. Hal itu diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik.

"Karena kuncinya adalah kemudahan dan kenyamanan," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian para menteri, kepala daerah serta lembaga terkait. Yakni mempercepat pembangunan infrastruktur penghubung seperti jembatan hingga penerangan.

"Misalnya antara LRT Halim dengan stasiun kereta cepat. Kemudian juga penghubung stasiun kereta api Manggarai dengan Transjakarta, penghubung stasiun Tanah Abang dan Dukuh Atas. Dan kita harus memastikan semuanya memiliki penerangan, memiliki lampu jalan dan bisa melindungi dari hujan," ucapnya.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Selain itu, kata Jokowi, perlu kerja sama dan kolaborasi dengan penyedia transportasi yang bisa mengantar penumpang sampai titik akhir tujuan.

"Akan sangat bagus bila masyarakat cukup satu kali pesan kemudian sistem sudah merencanakan dan multimoda transportasi apa yang harus digunakan, semuanya sudah dipersiapkan. Misalnya pertama naik ojek ke stasiun, kemudian naik kereta, naik kereta, naik Transjakarta sampe ke titik tujuan. Sehingga tidak perlu dicari-cari, tidak perlu nunggu-nunggu karena semuanya sudah terintegrasi," katanya.

Dia juga meminta agar dibangun sistem pembayaran yang terintegrasi. Alat pembayaran tersebut bisa digunakan masyarakat dan dapat digunakan di semua moda transportasi.

"Kaji juga mengenai mekanisme pembayaran langganan, diskonnya seperti apa. Ini saya kira akan menarik masyarakat untuk berbondong-bondong naik transportasi massal," kata Jokowi.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek