Kebakaran Gunung Bromo Meluas, Kobaran Api Mulai Masuk ke Bukit Pentongan Malang - inews

 

Kebakaran Gunung Bromo Meluas, Kobaran Api Mulai Masuk ke Bukit Pentongan Malang

By Avirista Midaada, Saif Sajarani
jatim.inews.id
September 12, 2023
Kebakaran Gunung Bromo meluas hingga masuk wilayah Malang.
Kebakaran Gunung Bromo meluas hingga masuk wilayah Malang.

MALANG, iNews.id - Kebakaran di Gunung Bromo meluas hingga ke wilayah Kabupaten Malang, Selasa (2/9/2023). Terlihat di sekitar Blok Jemplang, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, api mulai memasuki Bukit Pentongan.

Sekitar pukul 10.27 WIB, api membakar bukit dengan kemiringan hingga 60 derajat. Cuaca kering disertai angin yang bertiup kencang membuat api menyeberang di sisi atas Bukit Pentongan, Blok Jemplang, Desa Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Petugas yang mendapati api mencoba mendekati lokasi kebakaran. Namun, karena area terbakar cukup terjal sehingga sulit dijangkau. Sementara tiupan angin membuat api terus membesar dan menghanguskan pohon setinggi dua meter lebih.

Terlihat tinggi api bahkan mencapai satu meter lebih dari pantauan di sekitar kafe Bromo Hillside, kawasan Jemplang. Petugas pun terpaksa kembali ke posko kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Jemplang.

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

"Di situ ada tim, tapi takutnya terjebak, karena angin kencang. Itu apinya mulai nyeberang," kata seorang relawan dari warga Desa Ngadas, Poncokusumo

Angin kencang membuat proses pemadaman api cukup sulit. Beberapa kali sejumlah titik api di Jemplang, kembali menyala usai berhasil dipadamkan. Bahkan karena angin kencang, proses pemadaman api melalui jalur udara dengan metode water bombing dihentikan.

"Angin kencang ini kita hentikan water bombingnya," kata Kepala BPBD Kabupaten Malang M Nur Fuad ditemui di Rest Area Gubugklakah.

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Baca Juga

Komentar