Kemdikbud Siap Proses Hukum Lagu Helo Kuala Lumpur Mirip Halo Bandung By CNN Indonesia

 

Kemdikbud Siap Proses Hukum Lagu Helo Kuala Lumpur Mirip Halo Bandung

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 13, 2023
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) siap melayangkan gugatan terkait kasus lagu berjudul Helo Kuala Lumpur yang diduga mirip dengan lagu nasional Indonesia, Halo-Halo Bandung, ciptaan Ismail Marzuki.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menyebut sudah menghubungi pihak YouTube agar segera melakukan take down atas video tersebut apabila menemukan kesamaan substansial antara dua lagu itu.

"Kami Kemdikbud tadi pagi sudah melayangkan protes ke kanal YouTube dan meminta agar kasus ini ditangani segera," kata Hilmar dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9).

Pada saat bersamaan, KBRI Kuala Lumpur juga sudah melayangkan aduan ke Malaysian Communications and Multimedia Comission atau sejenis KPI. Hilmar juga menekankan langkah hukum bisa ditempuh.

Sebab dalam pangkalan data kekayaan intelektual pemegang hak cipta lagu Halo-halo Bandung adalah PT Harmoni Dwiselaras Publisherindo yang diakui Kemenkumham RI sebagai pemegang hak cipta sejak 2021.

Pun, masa berlaku hak cipta menurut UU Nomor 28 tahun 2014 Pasal 58 masih milik Ismail Marzuki lantaran masa berlaku hingga 70 tahun. Bila dihitung dari tanggal wafat Ismail Marzuki pada 25 Mei 1958, maka perlindungan hak cipta berlaku hingga 1 Januari 2029.

"Jadi hak moralnya ada pada pencipta Ismail Marzuki, tapi hak ekonomi atau pengelolaan kekayaan intelektualnya ada pada perusahaan yang tadi disebutkan," ujar Hilmar.

"Kami juga siap kalau memang mau mengambil langkah hukum dengan kesaksian atau tenaga ahli yang bisa membuktikan adanya kesamaan substansial di antara kedua lagu tersebut. Karena itu harus ada dalam gugatan seandainya dilakukan. Dan kami juga berterima kasih laporan masyarakat," imbuh pria yang juga dikenal sebagai sejarawan itu.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah akan menindaklanjuti lagu berjudul Helo Kuala Lumpur yang mirip dengan lagu Halo-Halo Bandung.

Adapun Lagu nasional Halo-Halo Bandung diduga telah dijiplak menjadi sebuah lagu berjudul Helo Kuala Lumpur. Lagu tersebut diunggah di kanal YouTube asal Malaysia bernama Lagu Kanak TV.

Lagu yang diunggah pada 27 Mei 2020 itu mendadak ramai diperbincangkan netizen Indonesia, karena nada dan melodinya begitu mirip dengan lagu Halo-Halo Bandung.

Perbedaan kedua lagu tersebut hanya terdapat pada lirik lagu yang diubah di beberapa bait. Lagu Helo Kuala Lumpur terdengar hanya mengubah beberapa kata sapaan dari lirik Halo-Halo Bandung.

Halo-Halo Bandung merupakan lagu nasional Indonesia buah karya Ismail Marzuki pada 1946. Lagu tersebut mengisahkan semangat perjuangan rakyat Kota Bandung pada masa kemerdekaan RI, khususnya dalam peristiwa Bandung Lautan Api.

(khr/isn)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek