Kereta Cepat Bakal Segera Uji Coba Gratis, Warga Sekitar Jadi Prioritas - Garudanews24

 

Kereta Cepat Bakal Segera Uji Coba Gratis, Warga Sekitar Jadi Prioritas

By Beranda
garudanews24.id
September 9, 2023

Bandung –

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat umum akan segera dimulai. Masyarakat dapat menjajal kereta tersebut secara gratis.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, uji coba ini akan diprioritaskan untuk masyarakat lokal yang terdampak dari pembangunan jalur kereta cepat tersebut.

Eva mengatakan, pihaknya belum dapat mengumumkan kapan tepatnya tanggal pelaksanaan uji coba ini dilangsungkan. Namun yang pasti, masyarakat yang berminat menjajal nantinya bisa mendaftarkan diri secara online.

Adapun saat ini KCIC tengah dalam tahap proses finalisasi dari sistem pendaftaran tersebut. Nantinya, masyarakat bisa mendaftar melalui website. Sementara warga yang terdampak, akan diundang secara langsung lewat surat. Meski begitu, dipastikan ada kuota masyarakat untuk melakukan pendaftaran secara mandiri.

“Yang pake surat itu adalah undangan yang, misalnya terdampak. Di sekitar jalur rel. Nanti kita umumkan cara dan mekanismenya (pendaftaran uji coba gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan, pihaknya sudah mendata masyarakat lokal yang terdampak, khususnya yang tinggal di sekitar jalur. Masyarakat ini akan didahulukan untuk dapat memperoleh kesempatan menjajal kereta cepat.

“Dari mulai Jakarta, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Padalarang, Cimahi, sampai Kota Bandung, Kabupaten Bandung, itu sudah kita data dan nanti kegiatan (uji coba) di mulai, kita undang. Karena sesuai dengan arahan pemerintah, warga yang di sekitar jalur diajak uji coba gratis,” jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, uji coba gratis akan dilangsungkan pada September 2023. Agenda ini digelar selaras dengan peresmian kereta cepat pertama di Indonesia itu yang direncanakan pada 1 Oktober 2023.

“Kita harapkan September ini bisa kita mulai (uji coba gratis). Sebelum COD (commercial on date) ini kita lakukan uji coba untuk penumpang tidak berbayar, termasuk penumpang di kanan kiri trase yang terdampak, itu pasti,” katanya, di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Rabu (6/9/2023).

Dwiyana mengatakan, saat ini sudah banyak masyarakat yang mendaftarkan diri untuk mengikuti uji coba ini. Mayoritas pendaftaran ini dilakukan melalui media surat lantaran pendaftaran online belum dibuka.

“Sekarang sudah banyak yang mendaftar pakai surat dan lain-lain. Nanti kita akan umumkan untuk pendaftaran secara online, secara sistem,” jelasnya.

(shc/ara)

Baca Juga

Komentar