Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

KTT ASEAN-Jepang Sepakat Dorong Investasi Transisi Energi hingga Ekonomi Digital - inews

 

KTT ASEAN-Jepang Sepakat Dorong Investasi Transisi Energi hingga Ekonomi Digital

inews.id
September 6, 2023
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan KTT ASEAN-Jepang yang berlangsung hari ini, Rabu (6/9/2023), sepakat mendorong investasi untuk transisi energi hingga ekonomi digital.

Di hari kedua KTT ASEAN 2023, berlangsung pertemuan para pemimpin ASEAN dengan Mitra, yakni pertemuan dengan China (RRT), Korea (ROK), Jepang, ASEAN Plus Three, Amerika Serikat dan Kanada.

Dia mengungkapkan, dalam KTT ASEAN-Jepang, rata-rata para Pemimpin menyampaikan pentingnya menjaga situasi kondusif di kawasan, khususnya di Semenanjung Korea dan juga Laut Cina Selatan. Kemudian mendorong kerja sama pembangunan infrastruktur hijau, konektivitas, transisi energi, dan ekonomi digital.

"Jepang juga menyampaikan komitmen pendanaan sebesar USD100 juta untuk mendukung implementasi AOIP melalui Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF) 3.0," ungkap Retno saat ditemui di sela-sela KTT ASEAN, Rabu (6/9/2023).

Retno melanjutkan, Jepang juga meluncurkan Comprehensive Connectivity Initiative pada saat bicara di ASEAN Indo-Pacific Forum.

"Para Leaders sepakat untuk melakukan KTT peringatan 50 tahun kemitraan ASEAN-Jepang yang inshaallah akan diselenggarakan pada Desember tahun ini di Tokyo," ujar Retno.

Selanjutnya, di dalam KTT, para Leaders sepakat untuk secara resmi membentuk Kemitraan Strategis Komprehensif (Comprehensive Strategic Partnership ASEAN - Japan) yang tertuang dalam Joint Statement on the Establishment of the ASEAN-Japan Comprehensive Strategic Partnership.

Joint statement ini diadopsi di dalam KTT ASEAN – Jepang kali ini dengan mencatat tiga dokumen yaitu pertama, Progress Report of the Revised Implementation Plan of the Vision Statement on ASEAN-Japan Friendship and Cooperation. Berisi kemajuan implementasi Vision Statement on ASEAN-Japan Friendship and Cooperation.

Kedua, Future Design and Action Plan of an Innovative and Sustainable ASEAN-Japan Economic Partnership. Berisi rencana kerja 10 tahun di bidang konektivitas siber, pengembangan SDM dan inovasi.

Kemudian yang terakhir, ASEAN-Japan Economic Co-Creation Vision. Berisi visi ekonomi kemitraan ASEAN – Jepang yang melibatkan pihak swasta, komunitas bisnis, dan akademisi.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek