Pilihan

Kunjungi Pasar Tanah Abang, Mendag: Pemerintah Tak Ingin UMKM Gulung Tikar - inews

 

Kunjungi Pasar Tanah Abang, Mendag: Pemerintah Tak Ingin UMKM Gulung Tikar

By Iqbal Dwi Purnama
inews.id
September 28, 2023
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, memborong barang pedagang saat berkunjung ke Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, memborong barang pedagang saat berkunjung ke Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mengatakan pemerintah tak ingin Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) gulung tikar.

Hal itu, disampaikan Mendag saat mengunjungi pasar Tanah Abang pada Kamis (28/9/2023, untuk meninjau kondisi pedagang yang dikabarkan mengalami penurunan pengunjung dan pendapatan karena tergerus penjualan online.

Mendag berdialog dengan beberapa pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang. Dia pun menegaskan keberpihakan pemerintah pada kelangsungan UMKM yang menjadi penopang perekonomian Indonesia.

"Tidak ada pemerintah yang diam apabila UMKM gulung tikar, kalau UMKM tidak berkembang ekonomi tidak maju, perdagangan ini rantainya panjang sekali," ujar Zulkifli.

Pada kesempatan itu, Mendag Zulkifli juga memborong barang dagangan, mulai dari baju anak-anak hingga perhiasan dan pakaian muslim.

Bahkan total belanjaan Zulhas itu tembus sekitar Rp3,6 juta, tapi tidak ada satu pun barang yang dibawa pulang. Sebab setelah transaksis langsung diberikan kepada para pengunjung.

"Jadi kita datang belanja, saya kalau ke pasar juga beli, beli sayurannya, beli ikannya, dan lainnya. Paling tidak, ketika kita lewat dan pedagang terganggu itu tidak mengalami kerugian," kata Zulkifli.

Adapun beberapa toko yang di datangi oleh Zulhas, misalnya toko baju anak. Di Toko milik Dewi, Zulhas mengeluarkan uang sebanyak Rp400 ribu dan memborong satu lusin pakaian dan di berikan kepada pengunjung yang lewat.

"Rp400.000 (belanja Zulhas), itu satu lusin, tadi langsung di bagi-bagiin," ujar Dewi saat ditemui MNC Portal.

Selain itu, Mendag Zulkifli berbelanja ke toko pakaian muslim milik Ani (25). Zulhas belanja celana sirwal sebanyak 20 potong dengan total Rp2 juta. Belanjaan yang dibeli itu juga tidak ada satupun yang di bawa pulang oleh Zulhas.

Kemudian di toko pakaian muslim, Zulhas juga berbelanja baju koko Rp600 ribu dengan total 10 potong baju. Pakain tersebut juga langsung diambil oleh masyarakat tidak lama Zulhas pergi.

Mendag juga berbelanja di toko accesoris wanita, di toko tersebut total uang yang dikeluarkan Zulhas sebsar Rp600 ribu untuk membeli berbagai accesoris.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek