Mengenal Alergi Mulai dari Tanda hingga Pencegahannya - Tempo

 

Mengenal Alergi Mulai dari Tanda hingga Pencegahannya

Reporter

Rabu, 13 September 2023 08:17 WIB

  • Bagikan



Ilustrasi Alergi Debu. shutterstock.com
Iklan

TEMPO.COJakarta - Sebagian manusia mungkin memiliki alergi yang berbeda beda pada tubuhnya. Alergi dapat muncul ketika sistem kekebalan dalam tubuh merespons adanya zat asing yang disebut alergen. Zat tersebut bisa beragam macamnya, seperti makanan, bulu hewan, serbuk sari, ataupun debu. 

Iklan

Tanda-Tanda Alergi

Saat alergen sudah masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh berusaha untuk menjaga kesehatan manusia dengan melawan patogen yang berbahaya. Akibatnya, tubuh akan mengalami sejumlah gejala, seperti kemerahan, gatal-gatal, radang, ataupun bersin. Gejala yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan biasanya menyesuaikan dengan lingkungan penderita alergi tersebut. Contohnya, orang dengan alergi bulu bertemu dengan hewan berbulu, sistem kekebalan akan menganggapnya sebagai zat asing yang mengancam tubuh dan menyerangnya. 

Alergi dapat menyerang pria dan wanita di segala usia dan bisa terjadi kapan saja. Bahkan, alergi bisa muncul secara tiba-tiba dari sesuatu yang tidak pernah mengganggu sebelumnya. Dikutip dari Webmd, para ahli juga tidak yakin mengapa hanya beberapa orang yang mengalami alergi. Ternyata, faktor genetik juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami alergi tertentu. 

Jenis-Jenis Alergi

Penyebab alergi  memiliki komponen yang kuat terhadap genetik. Orang tua kemungkinan besar mewariskan alerginya ke anak-anaknya. Berikut merupakan jenis-jenis alergen yang biasanya terjadi:

1. Makanan 

Makanan yang biasanya memicu alergi pada sebagian orang, yaitu gandum, kacang-kacangan, telur, susu, dan kerang. 

2. Tanaman

Ternyata, tanaman yang ada di sekitar lingkungan manusia juga dapat menyebabkan alergi. Allergen tanaman yang umum, yaitu serbuk sari dari rumput, resin dari tanaman poison ivy, dan gulma. 

3. Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan, terutama bulunya adalah salah satu alergen yang umum dihadapi oleh penderita alergi. Selain bulu hewan, kotoran tungau atau kecoa juga dapat memicu timbulnya alergi. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

4. Alergi Musiman

Diambil dari Healthline, alergi ini biasanya disebut juga sebagai demam dan menjadi alergi yang paling umum. Biasanya, alergi ini berasal dari serbuk sari dan menimbulkan beberapa gejala, seperti batuk, pilek, dan mata berair. 

Pencegahan Terhadap Alergi

Sebenarnya, tidak ada cara untuk mencegah alergi. Tindakan yang dapat dilakukan oleh penderitanya adalah mencegah gejala tersebut terjadi dengan menghindari pemicu alergen, yaitu:

1. Diet Eliminasi

Apabila seseorang memiliki alergi terhadap makanan, diet eliminasi dapat menjadi pilihan untuk mencegahnya. Penderita alergi makanan harus rajin membaca label makanan secara menyeluruh dan menyeleksi makanan saat makan di luar. 

2. Mengetahui Letak Alergen

Mengetahui letak alergen dapat dilakukan oleh penderita alergi musiman. Contohnya, jika seseorang alergi terhadap debu, ia dapat memasang filter udara di rumahnya. 

3. Tes Alergi

Melakukan tes alergi di rumah sakit adalah hal yang tepat untuk membantu penderita alergi dalam menentukan pemicu alergen. Selain itu, tes ini juga dapat membantu penderita untuk mengetahui reaksi alergi yang berbahaya bagi dirinya. 

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

3 Alergi Kulit yang Sering Dialami Anak-anak

5 jam lalu

Ilustrasi anak alergi susu sapi/Sarihusada

Bukan hanya dewasa dan anak-anak, bayi juga dapat memiliki alergi kulit. Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Mengenali Jenis 5 Alergi Kulit

9 jam lalu

Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

Alergi muncul ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tak biasa terhadap zat yang tidak berbahaya

Alergi Poison Ivy, Seperti Apa Gejalanya?

23 jam lalu

Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

Poison ivy tumbuhan merambat atau semak yang rentan menimbulkan reaksi alergi

Pentingnya Memahami Jenis Kacang. Apa Itu Kacang Pohon?

2 hari lalu

Ilustrasi kacang almond. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ahli diet menjelaskan penting untuk mengenali kacang yang tumbuh seperti buah atau dikenal dengan kacang pohon. Cek alasannya.

Mengenal Alergi Lebih Dekat, Berikut Tanda dan Cara Mengobatinya

3 hari lalu

Ilustrasi Alergi Debu. shutterstock.com

Alergi adalah reaksi tubuh terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya. Namun, gejala alergi berkisar dari ringan hingga bisa mengancam jiwa.

Hati-hati, Alergi Makanan Bisa Sebabkan Deretan Penyakit Ini

6 hari lalu

Ilustrasi makanan penyebab alergi (pixabay.com)

Terdapat sejumlah penyakit yang bisa dipicu oleh alergi makanan.

Lengkap, Kenali Gejala dan Penyebab Rhinitis Alergi

7 hari lalu

Ilustrasi Rhinitis Alergi. freepik.com

Serbuk sari adalah alergen yang paling umum pada rhinitis alergi musiman. Ini adalah gejala alergi yang terjadi seiring pergantian musim.

Mengenal Penyebab, Faktor Risiko, dan Gejala Achondroplasia

8 hari lalu

Sebagian besar keluarga Chauhan, dari Hyderabad, India, menderita kondisi genetik Achondroplasia, yang menyebabkan kaki pendek, dwarfisme. dailymail.co.uk

Achondroplasia adalah sebuah gangguan genetik yang mempengaruhi pertumbuhan tulang dan ukuran tubuh seseorang.

Tak Hanya Saluran Pernapasan, Polusi Udara Juga Ancam Mata dan Telinga

8 hari lalu

Gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta, Sabtu, 2 September 2023. Dikutip dari laman resmi IQAir per 2 September 2023 pukul 13.00 WIB, kualitas udara Jakarta berada di angka 154 yang menunjukkan ketegori tidak sehat. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Dokter mengungkapkan pengaruh polusi udara yang tinggi terhadap mata dan telinga. Apa saja dampaknya?

5 Efek Samping Konsumsi Wortel Secara Berlebihan

11 hari lalu

Ilustrasi jus wortel. StyleCraze

Seperti makanan lainnya, konsumsi berlebihan wortel atau kondisi tertentu bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Baca Juga

Komentar