Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Menlu Retno Marsudi Pakai Tenun Ikat Motif Manggarai di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa - Tribunnews

 

Menlu Retno Marsudi Pakai Tenun Ikat Motif Manggarai di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa

By Egy Moa
flores.tribunnews.com
September 28, 2023

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eklesia Mei

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengenakan kain tradisional Manggarai,  Pulau Flores dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New Work Amerika Serikat.

"Saya sangat bangga juga turut memberikan apresiasi kepada Menlu Indonesia, Ibu Retno Marsudi yang telah berkenan menggunakan juga turut mempromosikan tenun ikat Nusa Tenggara Timur pada Sidang Majelis Umum PBB di New York,"  ungkap Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia G.L Kalake, di ruang kerjanya, Rabu 27 September 2023.

Dari hal itu, Ayodhia pun mengajak masyarakat NTT untuk selalu menjaga dan melestarikan tenun ikat NTT.

"Saya perlu menghimbau seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk mari kita rawat, jaga dan lestarikan Tenun Ikat NTT yang juga merupakan warisan dari para leluruh kita," ajaknya.

"Ini adalah harta tak ternilai yang harus kita lestarikan dan jaga baik-baik," ujarnya.

Ayodhia juga menghimbau kepada seluruh anak-anak muda yang merupakan generasi penerus untuk senantiasa bangga untuk selalu mempromosikan kekayaan intelektual pada masyarakat NTT.

"Sekali lagi, sebagai masyarakat NTT, khsususnya generasi muda yang merupakan generasi penerus bagi bumi Flobamorata tercinta ini, sudah sepatutnya kita berbangga, turut berkontribusi dan mengambil bagian dalam melestarikan dan mempromosikan kepada dunia luar akan kekayaan intelektual warisan dari nenek moyang kita terdahulu melalui berbagai even-even baik lokal, nasional bahkan Internasional," tuturnya.

Berdasarkan pres rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, diketahui, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengenakan tenun motif Manggarai NTT saat berpidato pada  Sidang Majelis Umum ke-78 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat pada Sabtu, 23 September 2023. Kehadiran Menteri Retno dalam kegiatan itu mewakili Presiden Joko Widodo.

"Hari ini, saya mengenakan kain tradisional dari Nusa Tenggara Timur, Indonesia," kata Retno yang dikutip dari akun insptagram pribadinya.

Dalam tampilan gambar di Instagramnya itu, Menteri Retno tampak mengenakan busana kain tradisional Kabupaten Manggarai, NTT, yang bernuansa pink cerah.

Dalam motif kain tradisional itu, terdapat pula corak berwarna biru dan kuning yang membuat tampilan Menteri Luar Negeri itu tampak elegan.

Selain mempromosikan Tenun Motif NTT yang dikenakannya, Retno juga memamerkan pakaian yang dipakai para delegasi RI dalam pertemuan tersebut.

Retno mengatakan, para perwakilan Indonesia yang hadir turut mengenakan kain tradisional namun berbeda-beda guna mewakili keragaman budaya Indonesia.

"Delegasi saya mengenakan kain tradisional yang berbeda, mewakili keragaman lebih dari seribu etnis di Indonesia. Kami beragam, tetapi kami adalah satu," ungkapnya. *

sumber; pos-kupang.com

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek