Pilihan

Menpora Targetkan 90 Persen Pemilih Muda Datangi TPS di Pemilu 2024 By BeritaSatu

 

Menpora Targetkan 90 Persen Pemilih Muda Datangi TPS di Pemilu 2024

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 15, 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga
Menteri Pemuda dan Olahraga

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menargetkan 90% pemilih muda mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Dito di hadapan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, di Gedung KPU Jakarta pada Jumat (15/9/2023).

Keempat kementerian dan lembaga tersebut sepakat menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dito menekankan besarnya potensi suara anak muda dengan rentang usia 16 tahun hingga 30 tahun yang mencapai sekitar 65 juta jiwa.

"Kita harapkan dalam kolaborasi dengan KPU, nanti bisa memastikan dari 65 juta anak muda itu minimal 90 persen datang ke TPS,” kata Dito

Politisi muda dari Partai Golkar itu turut mengajak anak muda mempersiapkan diri menghadapi dinamika tahun politik mendatang. Termasuk untuk tidak terpancing dalam perselisihan, melainkan diharapkan dapat menjadi pendingin pada situasi kritis.

Ia menambahkan, alasan lain dukungan Kemenpora kepada KPU juga dilandasi pada amanat Undang-undang. Kemenpora disebutnya mempunyai salah satu tugas yakni mendorong pendidikan politik dan demokratisasi hingga partisipasi anak muda, dalam kepemimpinan dan politik.

"Kami siap mendukung terselenggaranya pemilu. Mungkin nanti akan kita coba exercise berbagai macam sosialisasi, dengan sesuai karakter anak-anak muda yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Dito.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengapresiasi adanya kerja sama peningkatan literasi dan sosialisasi Pemilu 2024 dengan Kemenpora.

Hasyim menyebut langkah itu merupakan bagian penting bagi peserta Pemilu 2024 untuk mengadopsi nilai-nilai sportivitas dalam meraih suara pemilih muda.

"Pemilih kategori pemuda ini luar biasa besar, dan tersebar di berbagai macam organisasi kepemudaan serta organisasi kemahasiswaan,” kata Hasyim Asy'ari.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek