Momen Haru Pertemuan Kakak Adik Terpisah 29 Tahun di Perbatasan RI-Timor Leste, Menangis Bersama - inews

 

Momen Haru Pertemuan Kakak Adik Terpisah 29 Tahun di Perbatasan RI-Timor Leste, Menangis Bersama

By Donald Karouw
regional.inews.id
September 15, 2023
Tangkapan layar momen haru pertemuan kakak dan adik kandung terpisah 29 tahun di pos perbatasan RI-RTDL, Kabupaten Belu, NTT.
Tangkapan layar momen haru pertemuan kakak dan adik kandung terpisah 29 tahun di pos perbatasan RI-RTDL, Kabupaten Belu, NTT.

JAKARTA, iNews.id - Momen haru pertemuan kakak dan adik kandung yang terpisah selama 29 tahun viral di media sosial. Keduanya bertemu di pos perbatasan Indonesia dan Timor Leste (RI-RTDL) di Motaain, Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Video viral ini diunggah akun TikTok @atylake0. Dalam keterangannya, pengunggah menuliskan keterangan terkait pertemuan dua bersaudara yang terpisah hampir sepertiga abad ini.

"Adik nona tinggal di Papua Timika Irian Jaya, bertemu dengan kakak laki-laki yang tinggal di Dili Timor Leste. Bertemu di Batas Negara Timor Leste Motaain," tulisnya dikutip Jumat (15/9/2023).

Dalam tayangan video tampak sang kakak laki-laki datang menghampiri adik perempuannya. Dia mempercepat langkah kaki dan langsung memeluk erat sang adik. Kedua pun larut dalam kebahagian dan menangis bersama.

Dijelaskan, jika kakak adik ini terpisah sejak tahun 1994 dan selama pergolakan Timor Timur tahun 1999. Di masa-masa itu, mereka terpisah dengan keadaan sulit yang mencegah untuk bertemu.

Namun momen yang dinantikan akhirnya tiba. Pos perbatasan menjadi saksi pertemuan kembali kakak adik yang terpisah lama pada Kamis (14/9/2023).

Unggahan ini viral dan membuat haru para netizen. Mereka ikut merasakan kebahagiaan dengan menuliskan di kolom komentar.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsRegional di Google News

"Beta deng beta pung kaka 2 orang dengan adik 1 perempuan juga belum ketemu dari tahun 1999. Rindu sekali. Bacari-cari tapi belum mendapat info beta pung sodara 3 orang," tulis @Novita_briaTrharu.

"Dari sini saya belajar bahwa sejelek2nya adik atau kakak namanya darah ttp akan saling mencari," tulis @Dyan190422.

"Orang tua saya pesan sebelum meninggal: kalian saudara kandung harus saling sayang, tdk ada namanya mantan saudara. Saudara tetap saudara," tulis @user5589773235052.

"Anak perantauan yang jauh dari saudara kalo liat begini pasti air mata langsung jatuh. Ingat kakak adik saudara yang jauh terpisah," tulis @calvin m Frans.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Baca Juga

Komentar