Pilihan

Nadiem Dorong Polisi Segera Investigasi Penyebab Kebakaran Museum Nasional - detik

 

Nadiem Dorong Polisi Segera Investigasi Penyebab Kebakaran Museum Nasional

By Brigitta Belia
detikcom
September 16, 2023
Nadiem Makarim
Nadiem Makarim
Jakarta -

Mendikbudristek Nadiem Makarim mendatangi Museum Nasional yang dilanda kebakaran. Dari kejadian ini, Nadiem mendorong pihak kepolisian untuk segera lakukan investigasi.

"Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata Nadiem di kawasan Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023) dini hari.

Ia pun menyampaikan prioritas utama pihaknya untuk menanggulangi kebakaran tersebut. Pihaknya akan menyelamatkan artefak dan benda-benda bersejarah yang masih tersisa di dalam gedung.

"Jadi mungkin pertama prioritas utama kita sekarang adalah sebenarnya menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini itu adalah prioritas utama kami," ujarnya.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk memastikan benda-benda museum yang rusak bisa segera dicatat dan diamankan.

"Jadinya kami telah berkoordinasi, jadi kami membuat tim gabungan antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan juga aparat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa benda-benda tersebut bisa kita catat apa kerusakannya dan juga bisa kita amankan bagi yang bisa diamankan," tuturnya.

Untuk saat ini, Nadiem mengatakan belum ada yang bisa masuk ke dalam museum untuk melakukan investigasi lanjutan. Sebab dari pihak pemadam sendiri belum memperbolehkan ada yang masuk ke dalam.

"Satu hal yang sangat penting saat ini adalah prioritas utama adalah keamanan struktural dari gedung-gedung ruangan itu. jadi saat ini belum bisa masuk, kita ke dalamnya untuk melakukan inventarisasi dari barang-barang tersebut karena belum dari apart pemadam kebakaran belum disebut aman. itu pertama yang penting adalah keamanan nomor 1," imbuhnya.


(eva/eva)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek