Pakistan Meradang, Taliban Tiba-Tiba Geser Perbatasan di Afghanistan - inews

 

Pakistan Meradang, Taliban Tiba-Tiba Geser Perbatasan di Afghanistan

By Muhammad Fida Ul Haq
inews.id
September 11, 2023
Pemerintah Pakistan bereaksi keras kepada Taliban karena masalah perbatasan.
Pemerintah Pakistan bereaksi keras kepada Taliban karena masalah perbatasan.

ISLAMABAD, iNews.id - Pemerintah Pakistan bereaksi keras kepada Taliban karena masalah perbatasan. Perbatasan Afghanistan-Pakistan disebut diubah secara ilegal oleh Taliban.

Melansir dari Reuters, Senin (11/9/2023), pagar pembatas diubah secara sengaja oleh Taliban. Pasukan militer Pakistan langsung merespons dengan bersiaga di perbatasan.

"Pada tanggal 6 September, alih-alih penyelesaian yang damai, pasukan Afghanistan beralih ke penembakan sembarangan," kata Jubir Kementerian Luar Negeri Pakistan, Mumtaz Zahra Baloch.

Sengketa terkait perbatasan sepanjang 2.600 km telah menjadi sumber perselisihan antara kedua negara tetangga selama beberapa dekade.

Pakistan mengungkapkan kekhawatiran karena serangan Taliban itu.

Sebelumnya, perbatasan utama antara Afghanistan dan Pakistan ditutup karena pasukan militer saling menembak dengan pasukan Taliban. Tembakan itu terdengar hingga permukiman warga.

Warga setempat melaporkan suara tembakan di sekitar penyeberangan Torkham dan mengatakan orang-orang di sekitar area perbatasan melarikan diri, Rabu (6/9/2023).

Para pejabat militer yang tidak mau disebutkan namanya menyebut penembakan itu terjadi cukup lama. Tak ada laporan terkait korban.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar