Pilihan

Panglima TNI Buka Latihan Militer Bersama Negara ASEAN di Batam - detik

 

Panglima TNI Buka Latihan Militer Bersama Negara ASEAN di Batam

Adrial Akbar - detikNews
Selasa, 19 Sep 2023 11:07 WIB
Pembukaan latihan militer bersama negara-negara ASEAN (Adrial/detikcom)
Foto: Pembukaan latihan militer bersama negara-negara ASEAN (Adrial/detikcom)
Batam -

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membuka latihan bersama pertama militer negara-negara ASEAN. Latihan militer itu bernama ASEAN Solidarity Exercise (Asex-01) Natuna.

Pembukaan acara diawali dengan kedatangan Panglima TNI bersama sejumlah petinggi dan perwakilan militer negara-negara ASEAN. Acara dilanjutkan dengan upacara pasukan TNI dengan negara ASEAN.

Baca juga:

"Tanggal 19 September 2023, latihan Asex-01 Natuna 2023 saya nyatakan dibuka," ujar Panglima TNI Yudo di Dermaga Batu Ampar, Batam, Selasa (19/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Latihan militer bersama ini akan digelar dari Batam menuju ke Natuna (Ranai), Kepulauan Riau. Tema latihan bersama, yaitu Promoting Regional Peace and Stability through ASEAN Military Cooperation.

"Nanti rutenya dari Batam menuju ke Ranai dan di Ranai kita akan laksanakan bakti sosial, bakti kesehatan, intinya untuk kesejahteraan masyarakat di Natuna," kata dia.

Yudo mengatakan latihan kali ini bukan latihan perang. Latihan ini fokus pada penanggulangan bencana dan kegiatan sosial.

"Walaupun latihannya bukan latihan perang, karena ASEAN lebih pada ekonomi," ucapnya.

"Dihadiri oleh Panglima angkatan bersenjata Malaysia, Panglima angkatan bersenjata Singapura, Wakil Panglima angkatan bersenjata Thailand dan seluruh perwakilan dari negara-negara ASEAN," tambahnya.

Kegiatan latihan bersama berupa maritime security/marsec dan penanggulangan bencana, Engineer Civil Action Project (ENCAP), Medical Civil Action Project (MEDCAP), Cargo Drop dan bakti sosial.

Latihan juga akan melibatkan unsur sipil dari negara ASEAN dengan TNI sebagai koordinatornya. Tujuan latihan gabungan untuk meningkatkan kerjasama negara ASEAN dalam bidang keamanan laut serta penanggulangan bencana.

Baca juga:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek