Pilihan

Panglima TNI dan Kapolri Turun Lansung Awasi Keamanan KTT ASEAN - Tempo

 

Panglima TNI dan Kapolri Turun Lansung Awasi Keamanan KTT ASEAN

Kamis, 7 September 2023 20:10 WIB

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kiri) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan)beserta jajaran memberikan keterangan saat konferensi pers tentang pengamanan KTT Asean ke-43 di Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 7 September 2023. Dalam keterangnya, Panglima mengatakan pengamanan udara, laut dan darat dikendalikan dengan baik. Pengamanan dilakukan mulai dari rangkaian kegiatan awal hingga delegasi kembali ke negara masing-masing, sementara, Kapolri minta maaf atas kemacetan yang terjadi akibat dari penutupan jalan di wilayah Senayan. TEMPO/ Febri Angga Palguna

TEMPO.COJakarta - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama dengan Kepala Kepolisian RI atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun lansung memantau rangkaian keamanan perhelatan KTT ke-43 Asean di Jakarta. Yudo menyampaikan bahwa keamanan perhelatan itu tetap dilakukan sejak awal hingga saat waktunya kepulangan para delegasi ke negara masing-masing.

"Alhamdulillah sampai siang hari ini, mulai awal sampai siang ini kita tetap mengendalikan keamanan untuk hal PAM di KTT ke-34 ASEAN ini dengan lancar, rencana sore ini closing ceremony (acara penutupan), tentu kita masih memantau kepulangan para delegasi," kata Yudo dalam konferensi pers di Posko Mabes TNI, Jakarta Pusat hari ini, Kamis, 7 September 2023.

Yudo juga menyampaikan dalam menjaga keamanan perhelatan negara itu, TNI beserta Polri melakukan pemantuan di beberapa sektor dan kerjasama dengan lembaga lain.

"Sudah kita kendalikan maupun laut, udara dan darat khususnya Kota Jakarta dan pemantauan dari awal sampai delegasi kembali. Dan tentunya kita bersama dengan Polri, dengan BSSN, dengan BIN, dan juga stakeholder (pemangku kepentingan) yang lain, termasuk PMK, kemudian juga dari Jasa Marga, semuanya bersama sama untuk mengamankan kegiatan ini," ujar Yudo.

Minta maaf jika KTT ASEAN membuat aktivitas masyarakat terganggu

Yudo Margono juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang terganggu dengan rangkaian keamanan acara tersebut dan akan melakukan evaluasi untuk perhelatan negara selanjutnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan bahwa ia telah melakukan pemantuan secara langsung dalam kegiatan KTT ke 43 ASEAN hari ini.

Advertising

Advertising

"Baru saja kita melaksanakan pemantauan langsung dari Puskodalsis Mabes TNI, sebelumnya kita melaksanakan kegiatan pemantauan langsung dari command centre yang ada di Polri untuk memastikan bahwa pemantauan kemudian kerja sama di lapangan pengendalian kendali operasi terkait dengan pembagian ring yang ada, di mana ada ring 1 yang berada di dalam lokasi, ring 2, dan kami khususnya yang bertanggung jawab di ring 3 betul-betul bisa bekerja sama dengan baik," kata Sigit.

Kapolri juga menerangkan pengamanan dalam acara jamuan makan malam kemarin berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah kegiatan tadi malam pun yang merupakan salah satu kegiatan yang tentunya menjadi perhatian pada saat gala dinner semuanya berjalan dengan aman," jelas Sigit.

KTT ASEAN ke-43 resmi ditutup pada hari ini. Presiden Jokowi pun resmi menyerahkan Keketuaan ASEAN ke Perdana Menteri Laos, Phankham Viphavanh.

AKHMAD RIYADH

30 menit lalu

Digital Economy Framework Agreement jadi Andalan di KTT ASEAN, Airlangga: Ekonomi Digital Bisa Naik jadi Rp 2 Triliun

Menteri Airlangga Hartarto mengungkapkan Digital Economy Framework Agreement menjadi andalan dalam KTT ASEAN ke-43.

Baca Selengkapnya

1 jam lalu

KTT ASEAN ke-43 Berakhir, Jokowi Beberkan Dampak Konkretnya bagi Warga Indonesia

Presiden Jokowi membeberkan dampak konkret dari gelaran KTT ASEAN ke-43 bagi warga Indonesia.

Baca Selengkapnya

1 jam lalu

Jokowi: ASEAN Tidak akan Tersandera Isu Myanmar

Presiden Jokowi menyebut, sebagai ketua ASEAN tahun ini, Indonesia sudah mencapai target yang telah ditetapkan, walau masih ada krisis Myanmar.

Baca Selengkapnya

1 jam lalu

Peter F Gontha Bongkar Alasan Surya Paloh Pilih Muhaimin Iskandar jadi pendamping Anies Baswedan

Peter F Gontha menyatakan Surya Paloh sejak awal sudah membidik tokoh NU untuk menjadi pendamping Anies Baswedan. Belajar dari Jokowi.

Baca Selengkapnya

2 jam lalu

Prabowo: Asia Tenggara Kawasan paling Aman dan Tenteram di Dunia

Menhan Prabowo mengatakan Asia Tenggara menjadi kawasan paling aman dan tentram di dunia, yang menjadi salah satu penanda keberhasilan ASEAN

Baca Selengkapnya

2 jam lalu

Penutupan KTT ASEAN, Jokowi: Kita Harus Menjadi Nahkoda di Kapal Sendiri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan ada optimisme dan energi positif dari seluruh peserta KTT ASEAN.

Baca Selengkapnya

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek