Penyaluran Bantuan Beras di Kabupaten Gowa Gunakan Aplikasi agar Tepat Sasaran By BeritaSatu.com beritasatu.

 

Penyaluran Bantuan Beras di Kabupaten Gowa Gunakan Aplikasi agar Tepat Sasaran

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 15, 2023
Agar tepat sasaran, warga yang hendak mengambil paket bantuan pangan di Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terlebih dahulu dicek datanya lewat aplikasi.
Agar tepat sasaran, warga yang hendak mengambil paket bantuan pangan di Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terlebih dahulu dicek datanya lewat aplikasi.

Kabupaten Gowa, Beritasatu.com - Sebanyak 271 paket bantuan pangan berupa beras disalurkan kepada warga di Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Agar tepat sasaran, warga yang hendak mengambil paket bantuan pangannya ini terlebih dahulu dicek datanya lewat aplikasi.

Penyaluran bantuan beras ini sebagai bentuk perhatian pemerintah setelah kemarau panjang akibat dampak dari El Nino yang berimbas terhadap kekeringan lahan pertanian, sehingga menyebabkan naiknya harga beras di pasaran.

Penyaluran beras ini diperuntukkan bagi warga yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Bantuan dari Bulog dibantu Pemkab Gowa untuk meringankan beban masyarakat. Kita tahu musim kemarau yang panjang sehingga pemerintah berinisiatif untuk memberikan bantuan berupa beras kepada warga yang sangat membutuhkan," kata Sekretaris Kelurahan Pandang-pandang, Mustari.

Agar tepat sasaran, warga yang hendak mengambil bantuan pangannya ini di kantor kelurahan, terlebih dahulu dicek datanya lewat aplikasi milik Bulog. Jika dinyatakan berhak menerima bantuan, maka warga diberikan beras masing-masing 10 kilogram.

"Untuk pendistribusian dari pihak Bulog menggunakan sistem barcode diperuntukkan untuk penerima sehingga bisa tepat sasaran, tidak dobel yang sudah menerima," jelas Mustari.

Bantuan tersebut bentuk kerjasama antara Bulog dengan Pemerintah Kabupaten Gowa untuk meringankan beban masyarakat dalam membeli beras di musim kemarau yang harganya terus melonjak naik.

Pembagian bantuan cadangan pangan ini sebagai upaya dalam mengatasi kekeringan akibat El Nino yang berdampak terhadap produksi pertanian.

Sementara itu, menurut salah seorabg warga, Rahmi mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan beras karena harga beras di pasaran semakin tinggi.

"Beras 10 kilo. Harga beras mahal di pasaran, Rp 10.000. Sangat terbantu," ujarnya.

Baca Juga

Komentar