Polda Kepri Tangkap 42 WNA Tiongkok Pelaku Love Scam - Beritasatu

 Polda Kepri Tangkap 42 WNA Tiongkok Pelaku Love Scam

2:37 Estimated 550 Words ID Language
Rabu, 6 September 2023 | 21:31 WIB
Penulis: Febry Andrean Amoga | Editor: FMB
URL berhasil di salin.
Polda Kepri bersama Interpol telah menangkap 42 warga negara Tiongkok di dua pulau di Kota Batam, termasuk seorang buronan Interpol bernama Lin Yin Xiang, Rabu 6 September 2023
Polda Kepri bersama Interpol telah menangkap 42 warga negara Tiongkok di dua pulau di Kota Batam, termasuk seorang buronan Interpol bernama Lin Yin Xiang, Rabu 6 September 2023 (Beritasatu.com / Febry Andrean Amoga)

Batam, Beritasatu.com - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) bersama Interpol telah menangkap 42 warga negara Tiongkok di dua pulau di Kota Batam, termasuk seorang buronan Interpol bernama Lin Yin Xiang, Rabu (6/9/2023). Para pelaku ini terlibat dalam kasus love scam atau penipuan cinta yang saat ini tengah dalam pengembangan oleh pihak kepolisian di Batam.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri bekerja sama dengan Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Mabes Polri melakukan operasi bersama dengan Ministry of Public Security Tiongkok dalam penangkapan ini. Para pelaku ditemukan di Pulau Kasu dan Bontong, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam.

Menurut Direktur Reskrimsus Polda Kepri Kombes Nasriadi, beberapa pelaku mencoba melarikan diri saat mendengar bahwa komplotan lainnya yang beroperasi di Cammo Industrial Park telah ditangkap oleh petugas kepolisian Polda Kepri.

Advertisement

Selain menangkap para pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk handphone, laptop, uang tunai sebesar Rp 79 juta, paspor, dan kartu identitas warga negara asing (WNA) Tiongkok.

Kepolisian juga menduga ada campur tangan orang Indonesia yang membantu para pelaku dengan menyediakan tempat tinggal, fasilitas, dan bantuan dalam penyeberangan mereka ke pulau-pulau terluar di Batam.

Polisi akan terus menyelidiki dan menyisir tempat persembunyian para pelaku, baik yang merupakan WNA maupun WNI. Saat ini, sebagian besar pelaku masih diamankan di Rutan Polresta Barelang.

Love scamming atau romance scam adalah penipuan berkedok asmara. Pelaku menjalin hubungan dengan korban via media sosial kemudian berlanjut menjerat korban dalam sebuah hubungan asmara. Nantinya pelaku memanipulasi korban untuk mendapatkan uang kemudian memutuskan hubungan atau menghilang.

Sebelumnya Ditreskrimsus Polda Kepri telah berhasil menggerebek komplotan ini di Kompleks Kara Industrial Park, tak jauh dari Cammo Industrial Park, Kota Batam, pada Selasa (29/8/2023). Love scam dilakukan oleh 88 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok, terdiri dari 83 laki-laki, dan 5 perempuan.


Bagikan
URL berhasil di salin.

BERITA TERKINI

Bursa Pertimbangkan Buka Suspensi Waskita Karya

EKONOMI 13 menit yang lalu

Kasus Seleb TikTok Maki Siswi SMA di Probolinggo Berakhir Damai

NUSANTARA 25 menit yang lalu

Gibran Cuti Lagi Lebih dari Sepekan, Kali Ini ke Amerika

NUSANTARA 35 menit yang lalu

Polda Kepri Tangkap 42 WNA Tiongkok Pelaku Love Scam

NUSANTARA 35 menit yang lalu

Gala Dinner KTT ASEAN ke-43, Jokowi dan Ibu Negara Berbusana Adat Betawi

INTERNASIONAL 39 menit yang lalu

Keluarga Korban Kerusuhan Pesilat di Taiwan Minta Pelaku Dihukum Berat

NUSANTARA 52 menit yang lalu

Jokowi Ingin Kerja Sama ASEAN-Korsel Fokus ke Sektor Energi dan Digital

INTERNASIONAL 53 menit yang lalu

Jokowi Sebut, ASEAN Bisa Kontribusi 5,4% Ekonomi Dunia

INTERNASIONAL 58 menit yang lalu

Apakah The Nun II Punya Post-Credit Scene?

LIFESTYLE 1 jam yang lalu

2 Bulan, Bareskrim Sita 93 Kg Sabu dan 18.910 Butir Ekstasi

NASIONAL 1 jam yang lalu
ARTIKEL TERPOPULER



Baca Juga

Komentar