Presiden Timor Leste Sebut Nama Jokowi saat Pidato di Majelis Umum PBB - CNN Indonesia

 

Presiden Timor Leste Sebut Nama Jokowi saat Pidato di Majelis Umum PBB

Jumat, 22 Sep 2023 20:05 WIB

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta menyebut nama Presiden Joko Widodo saat berpidato di Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS. Ada apa?

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta menyebut nama Presiden Joko Widodo saat berpidato di Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS. (UN Photo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta memuji keketuaan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di bawah pimpinan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) selama 2023

Pujian itu diungkapkan Ramos Horta saat pidato di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, pada Kamis (21/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di kesempatan itu, Ramos Horta menyampaikan terima kasih atas keputusan ASEAN yang sudah menjadikan Timor Leste sebagai pengamat atau observer pada 2022. Ucapan terima kasih tersebut juga ia tujukan bagi Kamboja yang menjadi ketua blok ini di tahun tersebut dan Indonesia selaku ketua ASEAN pada 2023.

"Kami juga sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, selaku Ketua ASEAN 2023, atas kepemimpinannya yang tenang dalam organisasi," ujar Ramos Horta, dikutip situs resmi PBB.

Indonesia, lanjut dia, merupakan mitra bilateral yang sangat dermawan, dan banyak terlibat dalam masalah pembangunan Timor-Leste di berbagai bidang, seperti pertanian, pendidikan, dan kesehatan.

"Indonesia, sebagai mitra bilateral yang sangat dermawan, terlibat dalam pembangunan Timor-Leste di banyak bidang, termasuk sektor pertanian, pendidikan, dan kesehatan," ucap Ramos Horta.

Dalam kesempatan itu, Ramos Horta juga mengatakan RI telah memberikan 300 beasiswa penuh bagi pelajar Timor Leste untuk belajar di universitas terbaik di Indonesia.

Selain itu, Ramos Horta mengungkapkan 40 pejabat Timor sedang menjalani program peningkatan kapasitas sebagai bagian dari persiapan aksesi negara tersebut ke ASEAN.

Presiden Timor Leste tersebut tak luput menyampaikan terima kasih karena ASEAN telah membuat peta jalan yang komprehensif untuk menjadi anggota blok Asia Tenggara itu.

"Sebagai imbalannya, kita tak punya banyak hal yang ditawarkan ke ASEAN kecuali tahun-tahun kita yang panjang dalam berlayar melewati lautan badai yang mungkin bermanfaat dalam pencegahan konflik dan [sebagai] resolusi konflik," ujar Ramos Horta.

Saat konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, keanggotaan Timor Leste di ASEAN menjadi salah satu poin penting yang dihasilkan di forum tersebut. 

Dalam deklarasi para pemimpin ASEAN di Jakarta, disebutkan bahwa ada implementasi road map untuk keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN.

Demi mewujudkan pemenuhan kriteria keanggotaan ini, ASEAN mendorong para anggota dan mitra mendukung sepenuhnya keanggotaan Timor Leste melalui penyediaan bantuan peningkatan kapasitas dan dukungan lain seperti program magang lintas kementerian/lembaga.

Timor Leste memang sudah mengajukan permohonan masuk anggota ASEAN sejak lama. Saat itu, beberapa negara ASEAN masih tidak setuju dengan rencana keanggotaan Timor Leste lantaran negara itu masih dilanda sejumlah masalah.

(isa/rds)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Dubes Israel Untuk PBB Diusir dari Ruang Sidang

Baca Juga

Komentar