Pilihan

Tambang Kripto Diduga Penyebab Listrik di Depok Sering Mati - inews

 

Tambang Kripto Diduga Penyebab Listrik di Depok Sering Mati

Tambang Kripto Diduga Penyebab Listrik di Depok Sering MatiTambang kripto di sejumlah ruko di Cimanggis, Depok mencuri listrik PLN. (Foto: Ist)

DEPOK, iNews.id - Listrik di kawasan Cimanggis, Depok sering mati. Diduga hal itu terjadi karena pencurian listrik untuk kegiatan tambang kripto di beberapa ruko.

"Ada 3 atau 4 lokasi diduga pencurian listrik digunakan untuk menambang kripto," kata Kasat Reskrim Polres Metro Depok Kompol Hadi Kristanto, Senin (18/9/2023).

Baca Juga

Kebakaran Museum Nasional Diduga akibat Korsleting Listrik, Sempat Terdengar Ledakan

Hadi menjelaskan, dugaan pencurian listrik ini berawal dari keluhan warga Cimanggis, Depok kepada PLN pada 12 September 2023. Warga mengeluh karena listrik mereka sering mendadak mati di kawasan Jalan Raya Bogor, Curug, Cimanggis, Depok.

"Masyarakat mengeluh ke PLN listrik sering mati-mati dan orang keluar masuk beberapa lokasi di malam hari. Pas PLN melakukan pengecekan ada dugaan pencurian listrik," tutur Hadi.

Baca Juga

Dishub DKI Incar Moge Listrik untuk Patwal, Pengadaan Mulai Tahun Depan

PLN UP Cimanggis menindaklanjuti keluhan warga itu dengan membuat laporan ke Polres Metro Depok pada 15 September 2023. Dalam laporan bernomor LP/B/2677/IX/2023/SPKT/Polres Metro Depok/Polda Metro Jaya itu tertera dugaan pencurian listrik tanpa izin.

"Tindak Pidana bidang Ketenagalistrikan atau menggunakan tenaga listrik tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 ayat (2) Jo pasal 22 Jo pasal 19 ayat (1) huruf b dan atau pasal 51 ayat (3) Undang-Undang Nomor 30 tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan," kata Hadi.

Terkait laporan itu, petugas PLN UP Cimanggis didampingi anggota Polsek Cimanggis melakukan investigasi ke ruko-ruko yang diduga mencuri listrik untuk tambang kripto itu.

"Selanjutnya ditemukan sebuah ruko yang didapati telah melakukan penyalahgunaan aliran listrik PLN dari sumber listrik kabel PLN yaitu JTR ke Instalasi listrik di ruko tersebut," kata Hadi.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek