Terekam Kamera, Tank Challenger 2 Inggris Hancur Dihantam Rudal Rusia di Ukraina - inews

 

Terekam Kamera, Tank Challenger 2 Inggris Hancur Dihantam Rudal Rusia di Ukraina

Terekam Kamera, Tank Challenger 2 Inggris Hancur Dihantam Rudal Rusia di UkrainaTank Challenger 2 buatan Inggris hancur dihantam rudal Rusia di Zaporizhzhia, Ukraina (Foto: Telegram/Frontbird)

MOSKOW, iNews.id - Video menunjukkan tank Challenger 2 buatan Inggris hancur dihantam rudal dalam pertemuan di Ukraina beredar di media sosial Telegram. Tank Challenger 2 itu diyakini sebagai yang pertama hancur dalam pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina.

Ukraina mendapat kiriman belasan unit tank Challenger 2 dari Inggris belum lama ini untuk mendukung serangan pembalasan terhadap wilayah-wilayah yang diduduki pasukan Rusia.

Baca Juga

AS Kirim Amunisi Uranium untuk Tank ke Ukraina, Rusia Ingatkan Perang Nuklir

Dalam keterangan video yang dirilis ke Telegram pada Rabu (6/9/2023) itu diketahui peristiwa tersebut terjadi di Zaporizhzhia.

Video tampaknya direkam dari drone, tank terkena peluru berpemandu Kornet, sebuah rudal anti-tank modern buatan Rusia. 

Baca Juga

Video Detik-Detik Rudal Rusia Hantam Pasar di Ukraina, 16 Orang Tewas 

Setelah dihantam rudal, tank mengeluarkan kepulan asap besar yang memicu kebakaran dari dalam kendaraan tempur tersebut. Dalam video terlihat pula tampak tank hancur terbakar. Di sampingnya juga ada tumpukan kendaraan militer Ukraina lainnya.

Inggris membenarkan tank Challenger 2-nya hancur. Menteri Pertahanan Grant Shapps menegaskan belum ada rencana untuk mengirim tank Challenger 2 lain ke Ukraina untuk menggantikan unit yang hancur.

Baca Juga

Rusia Klaim Binasakan Puluhan Parjurit Batalion Azov Ukraina dekat Hutan Serebryansky

"Saya bisa memastikan bahwa itu benar. Ini mungkin merupakan kekalahan pertama (tank Challenger 2) sejauh yang kami ketahui. Kami mengetahui, di zona perang, mungkin ada kerugian material dan itulah yang terjadi di sini,” kata Shapps.

Inggris mengirim sekitar 14 tank Challenger 2 ke Ukraina pada awal 2023. Selain itu Jerman juga mengirim tank Leopard 2, menyusul kemudian AS dengan tank Abrams-nya. 

Baca Juga

Rusia Beri Penghargaan Tentara yang Pertama Kali Pakai Rudal Kinzhal dalam Perang Ukraina

Berdasarkan pemantauan tank Challenger 2 tampaknya hanya sesekali terlihat di garis depan. Sementara itu tank Leopard 2 lebih dulu hancur seperti rekaman yang beredar sebelumnya.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News


Baca Juga

Komentar