Pilihan

Wah! Zelensky Tuduh Putin Bunuh Bos Wagner Yevgeny Prigozhin - inews

 

Wah! Zelensky Tuduh Putin Bunuh Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

By Ahmad Islamy Jamil
inews.id
September 8, 2023
Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin

KIEV, iNews.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin berada di balik kematian bos kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin. Sayangnya, Zelensky tidak memberikan bukti untuk mendukung tuduhannya itu.

Zelensky melontarkan komentar tersebut secara sepintas di sebuah konferensi di Kiev ketika dia disuguhi pertanyaan tentang Putin. “Fakta bahwa dia (Putin) membunuh Prigozhin—setidaknya itulah informasi yang kita semua miliki, bukan informasi lain—yang juga menunjukkan rasionalitasnya, dan fakta bahwa dia lemah,” kata Zelensky, Jumat (8/9/2023).

Prigozhin tewas bersama anak buahnya dalam kecelakaan pesawat pada bulan lalu. Kremlin mengatakan, semua kemungkinan penyebab kecelakaan itu akan diselidiki, termasuk kemungkinan adanya pelanggaran di dalamnya.

Kremlin pun menyebut pernyataan bahwa Putin memerintahkan pembunuhan Prigozhin dan para kaki tangannya sebagai “kebohongan mutlak”.

Pada akhir Juni lalu, Prigozhin memimpin pemberontakan singkat di Rusia. Insiden itu menjadi tantangan terbesar bagi pemerintahan Putin sejak dia berkuasa pada 1999.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga
Rusia Larang Kematian Bos Wagner Prigozhin Didalami Investigasi Internasional
Rusia Larang Kematian Bos Wagner Prigozhin Didalami Investigasi Internasional

Tindakan Prigozhin dan Grup Wagner tersebut bahkan digambarkan Putin sebagai “pengkhianatan” dan “tikaman dari belakang” terhadapnya.

Untuk sekadar diketahui, banyak pengkritik Putin meninggal dalam keadaan yang tidak jelas selama 23 tahun kekuasaannya. Ada juga yang nyaris lolos dari kematian.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek