Warga Buka Lahan Penyebab Kebakaran dekat Runway Bandara Frans Seda Maumere By BeritaSatu

 

Warga Buka Lahan Penyebab Kebakaran dekat Runway Bandara Frans Seda Maumere

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 18, 2023
Kebakaran lahan terjadi di sekitar area runway Bandara Fans Seda Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin, 18 September 2023.
Kebakaran lahan terjadi di sekitar area runway Bandara Fans Seda Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin, 18 September 2023.

Maumere, Beritasatu.com - Kebakaran lahan terjadi di sekitar area runway Bandara Fans Seda Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (18/9/2023). Kebakaran diduga akibat warga membuka kebun di area dekat bandara.

Dalam video amatir yang direkam warga memperlihatkan kebakaran terjadi dekat area runway Bandara Frans Seda Maumere juga berdekatan dengan SPBU Bandara Frans Seda Maumere di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

Angin kencang membuat api cepat merambat masuk ke dalam area sisi utara strip runway bandara, kurang lebih 200 meter. Kobaran api pun sempat membuat panik petugas karena berada dekat dengan area SPBU Bandara Frans Seda Maumere.

Cuaca panas mengakibatkan rumput kering di area bandara mudah terbakar. Dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu tangki air dikerahkan dan dibantu aparat keamanan Polres Sikka dan petugas bandara sehingga dalam watu dua jam api berhasil dipadamkan.

Meski kebakaran dekat runway bandara dan SPBU tetapi tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Frans Seda Maumere.

Kepala Bandara Frans Seda Maumere, Partahian Panjaitan mengharapkan kepada warga sekitar yang membuka lahan perkebunan untuk tidak membakar lahan dekat bandara karena pembakaran lahan dekat bandara sangat mengganggu penerbangan. Pasalnya, di daerah strip runway bandara terdapat lampu-lampu yang merupakan salah satu alat bantu pendaratan pesawat, apabila alat tersebut terbakar sangat mengganggu rute dan jadwal penerbangan.

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada pemerintah untuk bisa membuat jalan inspeksi untuk memisahkan area bandara dan lahan kebun masyarakat dengan runway strip bandara, sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi kebakaran di area sekitar bandara.

"Kebakaran lahan tadi cukup besar, tetapi tidak sampai menganggu operasi dan fasilitas bandar udara termasuk fasilitas Pertamina. Hanya memang, dengan kondisi musim kemarau yang cukup lama sehingga tim kita harus sering patroli" katanya.

Baca Juga

Komentar