489,07 Hektare Lahan di Gunung Merbabu Terbakar By BeritaSatu.

489,07 Hektare Lahan di Gunung Merbabu Terbakar

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Kebakaran hutan di kawasan Gunung Merbabu terus meluas, bahkan telah mencapai lebih 300 hektare.
Kebakaran hutan di kawasan Gunung Merbabu terus meluas, bahkan telah mencapai lebih 300 hektare.

Jakarta, Beritasatu.com - Luas lahan Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar telah mencapai 489,07 hektare hingga Minggu (29/10/2023) malam pukul 20.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan kebakaran di Gunung Merbabu telah terjadi sejak Jumat (27/10/2023) dan hingga Minggu malam belum bisa dipadamkan.

Area yang terkena dampak kebakaran meliputi Dusun Sokowulu dan Ngaduman di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Api kemudian merambat ke Puncak Syarif dan Puncak Suwanting di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

"Kebakaran di Kabupaten Boyolali terjadi dalam skala kecil, terutama di Sabana 2 di wilayah Selo, Boyolali, yang masih dalam kondisi aman," kata Abdul Muhari.

Akibat kebakaran ini, sebanyak 91 orang, termasuk orang dewasa dan anak-anak mengungsi di Balai Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Mereka terdiri dari 47 orang dari Dusun Gedong dan 44 orang dari Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan.

Beberapa orang memilih untuk tetap tinggal di rumahnya dan tidak mengungsi.

"Tim gabungan terus berupaya untuk memadamkan api, memantau pergerakan titik api, mengambil langkah-langkah mitigasi, dan membuka dapur umum," kata Abdul Muhari.

Kebutuhan mendesak saat ini mencakup logistik makanan, matras, masker filter, dan oksigen portable.

Baca Juga

Komentar