AS Terhindar dari Shut Down, Ketua DPR Kevin McCarthy Terancam Digulingkan - inews

 

AS Terhindar dari Shut Down, Ketua DPR Kevin McCarthy Terancam Digulingkan

By Anton Suhartono
inews.id
September 30, 2023
Kevin McCarthy terancam digulingkan sebagai ketua DPR AS
Kevin McCarthy terancam digulingkan sebagai ketua DPR AS

WASHINGTON, iNews.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) yang juga politukus Partai RepublikKevin McCarthy, terancam digulingkan dari jabatan oleh rekan-rekannya. Penyebabnya, McCarthy tak memenuhi keinginan kelompok garis keras Republik untuk menghalangi pengesahan rancangan anggaran pemerintah federal.

Politisi Partai Republik ingin pemerintahan AS di bawah kendali Presiden Joe Biden shut down akibat tak ada anggaran.

DPR AS mengesahkan rancangan anggaran sementara yang berlaku untuk 45 hari mendatang setelah mendapat dukungan dari sebagian politisi Partai Republik. Anggaran disahkan dengan mendapat dukungan dari 335 anggota melawan 91.

Rancangan anggaran tersebut kemudian disahkan oleh Senat yang dikuasai Partai Demokrat, sebelum diserahkan kepada Biden untuk diteken menjadi UU.

Setelah pengesahan itu, kelompok garis keras Republik mulai menyerang McCarthy. Mereka menuduh McCarthy sengaja memberikan kemenangan kepada kubu Demokrat.

"Haruskah dia tetap menjadi Ketua DPR?" kata legislator Republik, Andy Biggs, dalam posting-an di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, seperti dilaporkan Reuters, Minggu (1/10/2023).

Salah seorang penasihat mengatakan, McCarthy yakin beberapa anggota garis keras Republik akan menggulingkannya. Meski demikian dia tak gentar dengan upaya itu.

“Silakan dan coba saja. Asal Anda tahu, jika harus mempertaruhkan jabatan demi membela rakyat Amerika, saya akan melakukannya,” kata McCarthy.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Biggs serta 20 anggota kelompok garis keras Republik memblokir rancangan anggaran sementara berisi pemangkasan belanja besar-besaran yang bisa memenaruhi imigrasi dan perbatasan.

Legislator Republik Matt Gaetz secara terang-terangan sudah mengancam McCarthy beberapa hari sebelum voting.

"Satu hal yang saya tahu, jika Kevin McCarthy menggunakan suara Partai Demokrat di DPR untuk memajukan prioritas belanja Joe Biden, dia tidak bisa lagi menjadi ketua Partai Republik," kata politikus asal Florida itu kepada America's Voice.

Baca Juga

Komentar