ASEAN Capital Market Forum 2023 Resmi Dimulai, Diikuti 10 Regulator Pasar Modal - inews

 

ASEAN Capital Market Forum 2023 Resmi Dimulai, Diikuti 10 Regulator Pasar Modal

By Dinar Fitra Maghiszha
inews.id
October 15, 2023
ASEAN Capital Market Forum
ASEAN Capital Market Forum

BALI, iNews.id - ASEAN Capital Market Forum (ACMF) 2023 resmi dimulai hari ini, Senin (16/10/2023). Forum tersebut diikuti 10 regulator pasar modal di kawasan Asia Tenggara.

Kegiatan ACMF dijadwalkan berlangsung selama dua hari di Padma Resort Legian Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, mulai 16-18 Oktober 2023.

Agenda pertama adalah pertemuan tertutup antara 10 regulator anggota ACMF untuk melaporkan progres inisiatif pembangunan pasar modal berkelanjutan selama 2023.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan perwakilan resmi Indonesia dalam forum ke-39 mengangkat tema 'Transitioning Towards Sustainable Capital Markets: The ACMF Perspective'.

Sebagai kawasan yang memiliki PDB 3,6 triliun dolar Amerika Serikat (AS), ASEAN memiliki komitmen untuk mendorong keberlanjutan pembangungan di kawasan dengan memitigasi risiko baik sosial hingga lingkungan.

Sejumlah inisiatif diuncurkan sejak forum ini dimulai pertama kalinya pada 2004 di bawah naungan Menteri Keuangan ASEAN.

Pantauan IDX Channel di lokasi, sejumlah perwakilan negara telah memasuki mainhall. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi datang bersama sejumlah staf OJK.

Sebagai catatan bahwa forum ini bekerja untuk mengimplementasikan ACMF Action Plan 2021-2025 dan Roadmap for ASEAN Sustainibilty Capital Markets. Visinya satu yakni untuk mencapai keterhubungan, inklusifitas, dan ketahanan pasar modal ASEAN.

Pertemuan tahun ini juga akan melanjutkan komitmen negara Asia Tenggara untuk mengurangi emisi karbon demi mengatasi krisis iklim dunia.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar