Pilihan

BMKG: Transisi dari Kemarau ke Hujan Mulai November By BeritaSatu

 

BMKG: Transisi dari Kemarau ke Hujan Mulai November

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 4, 2023
Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Muhammad Agil Akbar menjalani sidang kode etik, Jumat 6 Oktober 2023.
Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Muhammad Agil Akbar menjalani sidang kode etik, Jumat 6 Oktober 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, transisi dari musim kemarau menuju musim hujan di Indonesia diperkirakan akan dimulai pada November mendatang.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, data terbaru dari satelit menunjukkan bahwa puncak musim kemarau, yang sebelumnya diprediksi akan berakhir pada bulan September, sebenarnya masih berlanjut hingga akhir Oktober.

"Dari pantauan kami, terlihat bahwa bulan Oktober ini masih mengalami kekeringan. Oleh karena itu, kami memperkirakan bahwa puncak musim kemarau akan berlanjut hingga akhir Oktober, dan transisi ke musim hujan baru akan dimulai pada bulan November," ujar Dwikorita dikutip dari Antara, Sabtu (7/10/2023).

Dwikorita menjelaskan, meskipun hujan diperkirakan akan mulai turun pada bulan November, fenomena cuaca El Nino masih akan berlanjut hingga akhir tahun. Hujan diharapkan akan mulai turun karena angin monsun dari arah Asia diprediksi akan masuk ke wilayah Indonesia pada November.

Meskipun fenomena El Nino masih berlangsung, pengaruhnya diharapkan akan berkurang karena turunnya hujan.

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan masyarakat untuk tidak memicu kebakaran, karena musim kemarau yang kering masih berlangsung hingga Oktober.

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan kebakaran, baik itu disengaja maupun tidak disengaja, karena sulitnya pemadaman akibat kondisi kemarau yang masih berlanjut," tambah Dwikorita.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek