Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

BNPB Pastikan Tak Ada Kabut Asap Karhutla yang Melintas ke Malaysia dan Singapura - inews

 

BNPB Pastikan Tak Ada Kabut Asap Karhutla yang Melintas ke Malaysia dan Singapura

By Binti Mufarida
inews.id
October 5, 2023
Kabut asap akibat Kebakaran tidak sampai ke Malaysia dan Singapura.
Kabut asap akibat Kebakaran tidak sampai ke Malaysia dan Singapura.

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tidak ada kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Indonesia yang melintas ke Malaysia dan Singapura. Pemerintah Malaysia sebelumnya menyebut kasus karhutla di Indonesia memperburuk polusi udara di wilayah Sarawak.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan dari pantauan The ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) atau laman bersama negara-negara ASEAN untuk memantau asap lintas batas, bahwa tidak ada asap karhutla yang melintas ke wilayah Malaysia dan Singapura.

“Kalau kita lihat dari data yang sama, kita pegang bersama data-data yang sama-sama bisa kita pantau lintas ASEAN, jadi kita memiliki satu laman bersama pemantauan asap lintas batas ASMC itu sama sekali tidak ada asap akibat karhutla yang melintas wilayah, jangankan ke Malaysia ya, ke Singapura pun tidak,” tegas Aam sapaan akrab Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (6/9/2023).

Meski begitu, Aam mengungkapkan pada minggu terakhir bulan September terjadi peningkatan jumlah titik api atau hotspot di wilayah Indonesia, kecuali Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Memang dalam minggu terakhir bulan September itu terjadi peningkatan jumlah titik panas di 5 provinsi, kecuali Kalimantan Barat, kecuali Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, di pulau Kalimantan. Rata-rata memang ada peningkatan titik api yang kita pantau di minggu terakhir September,” jelasnya.

Aam mengatakan eskalasi kenaikan karhutla terjadi di Sumatera Selatan, namun tidak ada asap yang melintas ke Malaysia. Mengingat, secara geografis Malaysia dengan Sumatera Selatan terlalu jauh untuk berpotensi terjadinya lintas asap antarnegara.

“Memang ada eskalasi kejadian karhutla di Sumatera Selatan tapi terlalu jauh jika kita menyimpulkan atau mengambil opini bahwa asap dari karhutla telah di Sumatera Selatan atau bahkan disebutkan dari Kalimantan Selatan itu menyeberang sampai di Malaysia itu mungkin terlalu berlebihan,” pungkasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek