Buka KTT AIS Forum 2023, Jokowi: Laut Pemersatu Antardaratan By BeritaSatu

 

Buka KTT AIS Forum 2023, Jokowi: Laut Pemersatu Antardaratan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

Badung, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Conference Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Rabu (11/10/2023).

Jokowi merasa terhormat Indonesia menjadi tuan rumah momentum bersejarah KTT pertama AIS Forum. Ia mengungkapkan, AIS Forum merupakan penguatan kolaborasi antar negara pulau dan kepulauan yang dihubungkan oleh laut.

"Laut bukanlah pemisah antardaratan, tapi laut justru pemersatu antardaratan. Laut justru perekat dan penghubung antardaratan," ucap Jokowi saat pidato pembukaan.

Jokowi menyadari, Indonesia dan negara-negara AIS Forum memiliki kesamaan sebagai negara pulau dan kepulauan, walaupun memiliki perbedaan dari kondisi geografis dan kondisi kemajuan tiap negara.

"Kita berbagi tantangan kompleks bersama yang saling kait mengkait dan saling terhubung satu sama lain, seperti kenaikan permukaan laut, tata kelola sumber daya laut, dan pencemaran laut," jelas Jokowi.

"Jika kita membuang sampah di daratan, belum tentu sampah tersebut berpindah ke daratan di belahan dunia yang lain. Tapi jika kita membuang sampah di lautan, maka sampah itu sangat bisa sampai ke daratan manapun di dunia," pungkasnya.

Lima kepala negara maupun pemerintahan hadir secara langsung dalam KTT ke-1 AIS Forum 2023 yakni, Presiden Federasi Mikronesia Wesley Simina, Perdana Menteri Niue Dalton Tagelagi, Perdana Menteri Republik Demokratik Sao Tome dan Principe Patrice Trovoada, Perdana Menteri Tuvalu Kausea Natano, Perdana Menteri Timor-Leste Xanana Gusmão.

Selain itu, KTT AIS Forum 2023 juga dihadiri oleh Deputi Perdana Menteri Fiji dan Tonga, serta para menteri dari Maladewa, Marshall Islands, Palau, Seychelles, Singapura, Solomon Islands, Sri Lanka, dan Papua Nugini. Sementara itu, delegasi dari Cabo Verde, Selandia Baru, dan Madagaskar pun hadir, dipimpin oleh pejabat setingkat wakil menteri. Sedangkan Irlandia, Jepang, Siprus, Samoa, Malta, Inggris, Saint Lucia, Cook Islands, Filipina, Suriname, dan Bahrain, mengutus duta besar mereka.

Turut hadir di KTT AIS Forum 2023, wakil dari empat organisasi internasional, yaitu Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dan Badan Program Pembangunan PBB atau yang lebih dikenal sebagai UNDP.

Baca Juga

Komentar